Identifikasi Nilai Dalam Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa –  Negara tanpa pendidikan ibarat harimau tanpa taring. Tak akan ada yang dapat dijadikan senjata untuk perlindungan diri ketika ada suatu penyerangan dari berbagai sisi. Karena itu didalam sebuah negara pendidikan itu sangat penting dan dengan pendidikan setiap orang akan dapat memiliki berbagai macam taring untuk melindungi diri dan mengangkat kepribadiannya.

Identifikasi Nilai Dalam Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa
Identifikasi Nilai Dalam Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa

Untuk Indonesia, selain pendidikan umum yang diperlukan, penanaman pendidikan karakter dan budaya harus juga diimplementasikan karena pada hakikatnya sendiri pendidikan karakter dan budaya merupakan jati diri bagi bangsa Indonesia. Tanpa pendidikan karakter dan budaya tentu saja Indonesia tak akan dapat bertahan menghadapi persaingan bahkan masyarakat yang tidak beradab yang akan muncul. Tentu ini yang sangat perlu diperhatikan Indonesia agar penanaman nilai pendidikan budaya dan karakter tak pernah dihilangkan.


Identifikasi Nilai Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa    

Tentang pendidikan budaya dan karakter bangsa, berikut beberapa nilai pendidikan karakter dan budaya bangsa yang harus senantiasa dipegang diantaranya :

Nilai agama

Masyarakat Indonesia seperti yang kita semua tahu bahwa merupakan seorang masyarakat yang beragama. Karena itu kehidupan individu, masyarakat dan juga bangsa harus senantiasa didasari pada ajaran agama. Dan secara politis kehidupan kenegaraan juga didasari atas nilai – nilai yang berasal dari agama. Atas dasar pertimbangan ini maka nantinya nilai – nilai pendidikan budaya dan juga nilai pendidikan karakter bangsa perlu didasarkan atas nilai dan kaedah yang berasal dari agama.

Nilai pancasila

Negara Republik Indonesia sendiri ditegakkan atas prinsip – prinsip kehidupan kebangsaan dan juga kenegaraan yaitu pancasila. Pancasila ini juga dapat kita temukan aspek pentingnya yang telah dijelaskan dan telah disebutkan pada pembukaan Undang – Undang Dasar 1945 dan telah dijabarkan jauh lebih lanjut dalam pasal – pasal yang terdapat pada Undang – Undang Dasar 1945. Artinya nilai – nilai yang terdapat didalam pancasila memang menjadi nilai – nilai yang mengatur kehidupan politik, kehidupan hukum, kehidupan budaya, ekonomi, seni, kemasyarakatan dan lain sebagainya.

Nilai budaya

Budaya ini merupakan suatu kebenaran bahwa tak akan ada manusia yang hidup bermasyarakat tanpa aspek budaya. Karena nilai budaya sendiri dijadikan sebagai suatu dasar yang dapat memberikan makna dalam komunikasi interaktif antar anggota masyarakat tersebut.

Nilai tujuan pendidikan nasional

Tujuan pendidikan nasional merupakan suatu kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh berbagai macam satuan pendidikan pada berbagai jenjang dan juga jalur. Didalam tujuan pendidikan nasional sendiri terdapat berbagai macam nilai kemanusiaan yang harus dimiliki oleh seorang warga negara. Karena itu soal tujuan pendidikan nasional merupakan sumber yang sangat operasional dalam pengembangan pendidikan budaya dan juga karakter bangsa.


Demikian sedikit informasi tentang Identifikasi Nilai Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Semoga menjadi sebuah informasi yang menginspirasi Anda. sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/contoh-surat-kuasa/