Jenis-Jenis Koleksi Referensi

Jenis-Jenis Koleksi Referensi
Jenis-Jenis Koleksi Referensi

a)Kamus

Kamus merupakan bahan rujukan yang berisi kata-kata disertai makna (arti) & disusun urut abjad, kadang-kadang dilengkapi dengan cara pengejaan, penulisan
Etimologi (suku kata), sinonim (persamaan), antonim (lawan kata), serta sintaksis (penggunakan dalam kalimat).

b)Ensiklopedi

Ensiklopedi merupakan bahan rujukan yang berisi uraian ringkas tentang berbagai topik / subyek yang umum dengan disusun secara alfabetis, kadang-kadang disertai deskripsi, definisi, dan informasi bibliografis.

c)Direktori

Direktori adalah buku petunjuk yang berisi daftar nama – nama orang atau nama – nama organisasi yang disusun secara alfabetis dan sistematis menurut subjek.

d)Almanak

Almanak disusun secara kronologis, berdasarkan waktu yang umumnya memuat informasi mengenai ramalan-ramalan cuaca, data statistik organisasi atau lembaga, dan catatan-catatan mengenai kejadian atau peristiwa yang nyata dan bersifat mutakhir. Almanak adalah buku yang memuat informasi tentang data atau statistik yang berkaitan dengan negara, kejadian, pejabat, subjek dan kehidupannya.

e)Biografi

Arti dan tujuan Biografi ialah Menulis sejujur mungkin riwayat hidup seseorang  dari lahir sampai saatnya meninggal dan didalamnya diungkapkan bermacam – macam aspek, sifat, pribadi, serta pandangan hidupnya.

f )Buku statistik

Buku yang berisi sumber informasi siap pakai dalam bidang pengetahuan tertentu.

g)Sumber geografi

Sumber geografi yang biasanya berupa peta / atlas.

h)Buku tahunan

Buku tahunan adalah terbitan tahunan, yang isinya mengulas perkembangan dalam setahun, merekam informasi terbaru, dan disajikan dengan bentuk model statistik.

i)Buku petunjuk

Buku petunjuk adalah terbitan, berisi petunjuk dan aturan dari suatu subjek.

j)Buku pegangan

Buku pegangan (handbook) berisi informasi mengenai petunjuk, identifikasi suatu masalah secara mendasar seperti tabel-tabel, simbol, formula, dan istilah / suatu subjek yang digunakan sebagai acuan / yang dibahasnya. (http://bpbd.lampungprov.go.id/blog/contoh-teks-editorial/)

k)Bibliografi

Bibliografi adalah daftar buku atau bahan cetak yang pernah ditulis / diterbitkan.

l)Indeks

Indeks adalah buku yang menunjukan lokasi suatu artikel yang ditulis oleh seseorang.

m)Sumber Elektroniks

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan sumber referensi tidak hanya berupa buku atau bahan tertulis, tetapi dapat juga dengan internet.