Kebutuhan Dasar Manusia

Kebutuhan Dasar Manusia
Kebutuhan Dasar Manusia

 

Anda akan mempelajari tentang kebutuhan dasar manusia yang terdiri atas 4 KB (KB 1-4) yang terdiri atas:

1) Kebutuhan Nutrisi (KB 1),

2) Kebutuhan Eliminasi (KB 2),

3) Kebutuhan mobilitas, istirahat, dan tidur (KB 3), serta

4) Komunikasi terapeutik (KB 4).

 

Komunikasi Terapeutik dalam keperawatan menurut memang hirarki

Kebutuhan dasar bukan lah termasuk kebutuhan dasar manusia atau kebutuhan fisiologis, namun karena pentingnya bahasan ini bagi seorang perawat, maka akan kita pelajari dan kita kelompokkan dalam bahan kajian kebutuhan dasar manusia.

 

Kebutuhan Dasar Manusia adalah

Kebutuhan yang dibutuhkan oleh semua manusia dan kebutuhan tersebut essensial agar seseorang dapat bertahan hidup. Dalam memenuhi kebutuhan dasarnya, manusia dapat memenuhi secara mandiri ataupun dengan bantuan orang lain. Terpenuhi atau tidak terpenuhinya kebutuhan dasar seseorang menentukan tingkat kesehatan seseorang dan posisinya dalam rentang sehat-sakit. Abraham Maslow menggambarkan tentang hirarki kebtuhan manusia  sebagai berikut:

Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam menjaga keseimbangan baik secara fisiologis maupun psikologis yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan.

Teori Hierarki kebutuhan yang dikemukakan oleh Abraham Maslow

Menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar, yaitu :

1. Kebutuhan Fisiologis, yang merupakan kebutuhan paling dasar pada manusia. Antara lain ; pemenuhan kebutuhan oksigen dan pertukaran gas, cairan (minuman), nutrisi (makanan), eliminasi, istirahat dan tidur, aktivitas, keseimbangan suhu tubuh, serta seksual.

2. Kebutuhan rasa aman dan perlindungan, dibagi menjadi perlindungan fisik dan perlindungan psikologis. Perlindungan fisik, meliputi perlindungan dari ancaman terhadap tubuh dan kehidupan seperti kecelakaan, penyakit, bahaya lingkungan, dll. Perlindungan psikologis, perlindungan dari ancaman peristiwa atau pengalaman baru atau asing yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang.

3. Kebutuhan rasa cinta, yaitu kebutuhan untuk memiliki dan dimiliki, memberi dan menerima kasih sayang, kehangatan, persahabatan, dan kekeluargaan.

4. Kebutuhan akan harga diri dan perasaan dihargai oleh orang lain serta pengakuan dari orang lain.

5. Kebutuhan aktualisasi diri, ini merupakan kebutuhan tertinggi dalam hierarki Maslow, yang berupa kebutuhan untuk berkontribusi pada orang lain atau lingkungan serta mencapai potensi diri sepenuhnya.

Sumber : https://portal.iro.unsoed.ac.id/manajemen/pengertian-dan-contoh-teks-ulasan/