Konsumsi Makanan Tinggi Serat Dapat Memberikan Efek Relaksasi pada Usus

Untuk mengawal kesehatan usus dan sistem pencernaan pada umumnya, kamu perlu makan makanan berserat masing-masing hari. Ada banyak dalil mengapa makanan berserat sangat urgen dan diperlukan usus.

Dilansir Bustle, konsumsi makanan berserat tinggi bisa membantu mengayomi usus dari efek stres. Penelitian mengindikasikan bahwa konsumsi makanan tinggi serat dalam jangka panjang dapat menjaga usus dari sekian banyak masalah pencernaan, salah satunya menangkal kanker.

Meski lazimnya stres dikaitkan dengan masalah kesehatan mental, namun jasmani dan mental bersangkutan erat sampai-sampai efek stres jangka panjang pun akan memengaruhi kesehatan usus. Perasaan cemas, cemas dan depresi bukan hanya dapat menimbulkan iritasi usus dan merangsang penyakit celiac, tapi pun memicu evolusi gen.

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Physiology mengungkapkan bahwa makanan dengan kandungan serat tinggi laksana kacang-kacangan, biji-bijian, buah, dan sayuran dapat merangsang buatan asam lemak rantai pendek.

Asam lemak jenis ini menolong menjaga ketebalan dan kesehatan dinding usus dari risiko lubang mikroskopis di sepanjang dinding usus dampak stres berlebih.

Baca Juga :