2 Cara Membuat Grup Facebook di HP Andorid atau Laptop PC

 

2 Cara Membuat Grup Facebook di HP Andorid atau Laptop PC
2 Cara Membuat Grup Facebook di HP Andorid atau Laptop PC

Media sosial merupakan hal yang sedang booming di era digital seperti saat ini. Pasalnya dengan adanya media sosial kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan kerabat yang jauh tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Media sosial pun ada banyak macamnya, seperti whatsapp, instagram, facebook, dan masih banyak lagi lainnya. Diantara banyaknya media sosial yang ada, media sosial yang cukup populer dan belum ada matinya adalah facebook.

Di facebook orang – orang dapat dengan mudah berteman, melihat postingan satu sama lain dan masih banyak lagi lainnya. Apalagi dengan adanya grup facebook kita bisa berkumpul dan berdiskusi di forum tersebut. Dengan tujuan dan kepentingan yang sama dan bermusyawarah dengan antar anggota di grup.

Cara Membuat Grup Facebook

Daftar Isi

Cara Membuat Grup Facebook
1. Cara Membuat Grup Facebook di Laptop
2. Cara Membuat Grup Facebook di HP Android
Anggota, Admin, Moderator di Grup Facebook
Tips Supaya Grup Facebook Menjadi Menarik
4. Admin Grup Haruslah Tegas
5. Memilih Tipe Grup Yang Tepat

Begitu banyaknya manfaat dan kegunaan dari adanya grup facebook, menjadikan semua orang pasti ingin tahu sebenarnya bagaimana sih cara membuat grup di facebook itu ? Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat grup facebook menggunakan hp android atau bisa juga di pc laptop dengan sangat mudah, caranya adalah sebagai berikut.

1. Cara Membuat Grup Facebook di Laptop

Cara yang pertama akan saya jelaskan adalah cara membuat grup facebook via pc komputer atau laptop. Karena saya yakin walaupun sekarang smartphone sedang booming dan ramai tapi pasti tetap saja ada orang yang bermain facebook lewat pc laptop.

Oke tanpa berlama – lama langsung saja saya akan menjelaskan bagaimana caranya, caranya antara lain adalah sebagai berikut.

Yang pertama tentunya kalian mengunjungi situs Facebook terlebih dahulu
Setelah itu otomatis kalian akan langsung masuk ke beranda
Fokus ke bagian sebelah kiri yang ada di opsi Jelajahi pasti berisi grup, jelajahi dan lain sebagainya, disini pilih dan klik Grup

cara membuat grup facebook 1

Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut, fokus ke bagian di sebelah kiri lagi dan kita pilih dan klik Buat Grup untuk membuat grup baru

cara membuat grup facebook 2

Setelah itu akan muncul tampilan Pop Up seperti berikut. Isikan nama grup yang kalian ingin buat, di kolom tambahkan orang silahkan tambahkan teman kalian, privasi bisa pilih terbuka atau tertutup atau public.

cara membuat grup facebook 3

Jika sudah tampilannya akan seperti ini, menandakan grup facebook sudah dibuat

cara membuat grup facebook 4

2. Cara Membuat Grup Facebook di HP Android

Setelah kita mengetahui bagaimana cara membuat grup facebook melalui pc atau laptop, selanjutnya kita akan membahas mengenai cara membuat grup melalui hp android dan tentunya tidak kalah mudahnya dengan yang menggunakan pc laptop. Oke langsung saja caranya adalah sebagai berikut.

Yang pertama harus dilakukan tentunya adalah memiliki aplikasi facebook
Setelah itu kita login ke dalam aplikasi tersebut
Jika sudah klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas
Selanjutnya pilih dan klik opsi Grup yang ada di antara beberapa menu yang tersedia
Jika sudah di klik maka akan muncul beberapa grup yang kita ikuti ( bergabung ) bisa juga dengan saran grup yang kita suka
Untuk membuat grup facebook baru langsung saja kita pilih dan klik pilihan Create
Akan muncul tampilan seperti ini, kita pilih dan klik Create Group
Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut. Disini kita akan disuruh untuk mengisi nama dari grup yang kita buat tadi. Setelah itu pilihlah teman facebook yang nantinya akan kita undang untuk masuk ke dalam grup
Jika sudah klik next, selanjutnya pilihlah privasi yang kamu butuhkan sesuai dengan keinginan. Ada tiga macam privasi grup yang bisa kalian pilih antara lain yaitu Secret ( Rahasia ), Closed ( Tertutup ), dan Public ( Publik )
Jika kalian sudah mengatur privasi dari grup selanjutnya adalah mengganti foto sampul dari grup, silahkan pilih foto sesuai dengan yang kalian inginkan
Setelah foto sampul disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat deskripsi dari grup kita. Deskripsi berfungsi untuk menjadikan orang – orang tertarik untuk gabung ke dalam grup facebook kita
Setelah foto sampul dan deskripsi sudah disiapkan selanjutnya adalah kembangkan grup milik kita dengan cara mengundang teman untuk bergabung ke grup
Selesai, grup facebook sudah berhasil dibuat

Setelah kita mengetahui bagaimana cara membuat grup facebook, selanjutnya yang perlu diketahui adalah status dari penghuni grup facebook itu sendiri, penjelasannya antara lain adalah sebagai berikut.

Anggota, Admin, Moderator di Grup Facebook

Grup Facebook didalamnya terdiri dari 3 komponen penghuni yaitu anggota dari grup, admin, dan moderator yang maisng – masing tentunya memiliki kewenangan sendiri – sendiri.

Dari yang paling sederhana yaitu anggota grup, anggota membuat grup facebook yang kamu miliki akan tidak sepi dan selalu ramai.

Yang kedua adalah admin grup. Admin grup memiliki peranan yang paling penting di dalam grup. Mengelola grup facebook yang meliputi pengaturan di grup, merubah posisi anggota menjadi moderator atau bisa juga menjadi admin serta dapat menghapus statusnya juga. Dan yang terakhir adalah admin juga memiliki kewenangan yang dimiliki oleh moderator.

Setelah kita sudah tahu bagaimana cara membuat grup di hp android maupun di pc laptop. Selanjutnya yang perlu kita tahu sebelum membuat grup sebenarnya adalah tips supaya grup facebook yang dibuat menarik. Lalu bagaimanakah cara membuat grup facebook supaya jadi lebih menarik ? berikut kami berikan tips tips supaya grup facebook menjadi menarik.

Tips Supaya Grup Facebook Menjadi Menarik

Sebelumnya akan diberikan sedikit penjelasan terlebih dahulu. Sebenarnya grup tidak melulu memerlukan cara supaya menarik contohnya grup keluarga kelas atau yang lainnya. Tetapi kita berbicara mengenai grup yang sudah terbuka ( umum ) pasti orang minat untuk bergabung karena asiknya grup tersebut, bisa juga karena memiliki hobi yang sama dan lain sebagainya. Nah sebenarnya ada beberapa poin penting supaya grup facebook yang kamu buat menjadi menarik dan banyak yang minat untuk bergabung, poin pentingnya adalah:
1. Memiliki Banyak Moderator di Grup

Adanya moderator sangatlah penting terlebih jika grup yang kamu buat sudah sangatlah ramai dan cukup aktif. Jangan lupa angkatlah moderator yang bisa kamu percayai jangan asal mengangkat moderator takutnya justru grup yang kamu buat disalahgunakan.

Fungsi lain adanya moderator adalah apabila admin yang berada di grup sedang tidak aktif atau offline, maka moderator bisa menggantikan posisinya supaya diskusi nya akan tetap berjalan.

2. Harus Memiliki Peraturan Yang Jelas

Grup harus memiliki peraturan yang jelas gunanya adalah supaya grup lebih tertata lagi. Contoh peraturan yang jelas adalah misalnya dilarang membuat promosi yang bertentangan dengan topik grup, dilarang menggunakan bahasa yang kasar di grup, contoh lain bisa juga dilarang memberikan link aktif di dalam grup dan masih banyak lagi aturan aturan lainnya.
3. Membuat Grup Yang Memiliki Niche Spesifik

Ini cukup menarik supaya grup bisa lebih mudah dalam mencari anggota yang spesifik, contoh sepsifik antara lain adalah misalnya kita membuat grup bertemakan pecinta kucing atau pecinta ular. Bisa juga mengenai grup yang pembelajaran misalnya grup belajar pemrograman atau yang lainnya.

Gunanya membuat grup yang temanya spesifik adalah supaya kita dapat memiliki anggota grup yang aktif dan juga loyal, sehingga akan ramai dan aktif grup facebook tersebut.

4. Admin Grup Haruslah Tegas

Di dalam grup facebook, admin memiliki kewenangan yang paling tinggi diantara jabatan yang lain. Sehingga supaya grup menjadi terkelola dibutuhkan admin yang tegas serta aktif di dalam grup.

Tegas disini contohnya antara lain adalah misalnya di dalam grup ada salah satu anggota yang membuat suatu kesalahan. Nah peran admin adalah mengingatkan anggota yang membuat kesalahan tadi supaya tidak membuat kesalaham yang sama.

Jika salah satu anggota ada yang membuat kesalahan dan sampai menyinggung anggota lain tetapi admin tidak ada yang turun tangan, bukankah itu sangat membahayakan kerukunan di dalam grup ?

5. Memilih Tipe Grup Yang Tepat

Ini merupakan tips terakhir untuk membuat grup facebook kita lebih menarik. Tipe grup sangat disarankan dipilih sesuai dengan kondisi grup dan kondisi para admin.

Jika admin saja sudah kewalahan dalam menyeleksi anggota baru yang ingin masuk maka disarankan untuk memilih tipe grup yang tertutup. Jiak ada banyak moderator yang dapat menghandle kerja admin apabila admin sedang off dan moderator sudah pandai menyeleksi maka grup terbuka bisa dipilih.

Contoh fungsi dari moderator yang aktif di suatu grup adalah apabila di dalam grup terdapat seorang spammer yang sukanya posting hal yang kurang bermutu maka moderator bisa kick sang spammer tersebut.

Demikianlah artikel mengenai Cara Membuat Grup Facebook di HP Android atau PC Laptop yang bisa dengan mudah kalian terapkan jika kalian ingin membuat grup. Dengan adanya grup facebook rasa kekerabatan pastinya akan terjalin dengan lebih mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga bisa membantu kalian. Selamat mencoba!.

Tutorial Android

« 7 Cara Download Game di Laptop PC Windows 9, 8 dan 10
7 Aplikasi Desain Baju di Laptop PC Terbaik 2020 »
Shinta Marist Penulis dan Penyunting di MasTekno, paling suka nonton anime khususnya one piece karakter paling di sukai yaitu luffy. Suka melakukan hal hal yang baru juga suka dengan dunia internet.

Cara Membuat Grup di Facebook Lewat Smartphone dan PC

3 Maret 2018 3 min read
cara membuat grup di facebook lewat hp smartphone pc laptop

Facebook merupakan salah satu sosial media paling populer dan terkenal di seluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang bergabung dengan Facebook. Sekarang ini ada lebih dari 1 miliar pengguna yang telah terdaftar di FB. Banyaknya orang yang tertarik untuk mendaftar di Facebook adalah karena fitur yang disediakannya memang cukup lengkap. Selain sebagai salah satu media untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari seluruh dunia, sosial media yang satu ini juga punya banyak fungsi lain seperti media promosi dsb.

Grup Facebook merupakan salah satu fitur di FB yang mungkin paling populer dan disukai oleh para penggunanya.

Seperti namanya, fitur yang satu ini memungkinkan seorang pengguna untuk membuat sebuah grup dimana pengguna lain dapat masuk dan berkumpul. Sama seperti fitur grup di berbagai layanan lainnya, disini para anggota bisa membuat kiriman yang mana juga bisa ditanggapi dan dikomentari oleh pengguna lainnya. Semakin banyak anggota dari grup tersebut biasanya akan semakin seru dan ramai.

cara membuat grup di facebook lewat hp smartphone pc laptop

Cara Membuat Grup di Facebook Lewat Smartphone dan PC

Umumnya ketika seorang pengguna membuat sebuah grup di facebook, maka ia akan memfokuskan topik bahasan dari grup tersebut. Misal sebuah grup yang mana di khususkan untuk mencari kenalan, berdiskusi atau mungkin untuk kegiatan jual beli. Hal ini dimaksudkan untuk membuat grup tersebut lebih rapi dan lebih mudah untuk mengumpulkan orang-orang dengan tujuan yang sama. Jika sebuah grup FB tidak jelas apa tujuannya maka akan sulit untuk mengatur serta mengurusnya.

Pengguna yang membuat grup maka ia akan menjadi admin disana, dalam hal ini ia sebagai pemilik memiliki beberapa wewenang. Seorang admin dapat melakukan perubahan setting terhadap grup tersebut. Ia juga bisa memasukan maupun mengeluarkan anggota tertentu jika memang diperlukan. Admin atau pengurus haruslah seseorang yang bertanggung jawab karena ia lah yang mengatur dan menjaga agar grup miliknya tetap tertib. Karena hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah, maka pengurus bisa mengangkat anggota lain untuk menjadi admin dan membantunya dalam mengelola grup Facebook tersebut.

Nah bagaimana, tertarik untuk mencoba membuat sebuah grup FB? Kalian akan memiliki banyak keuntungan jika memiliki sebuah grup yang mana cukup ramai. Jika ada yang berminat untuk memulai sebuah grup facebook maka terlebih dahulu kalian harus mendaftarkannya. Untuk bisa bikin grup FB sebenarnya sangatlah mudah, ini bisa dilakukan baik melalui komputer/PC maupun smartphone lewat aplikasi facebook atau facebook lite.

Cara Membuat Grup di Facebook Lewat Komputer dan Smartphone

Sampai sejauh ini tidak ada syarat khusus bagi seseorang yang ingin mendaftarkan sebuah grup FB. Ia hanya harus memiliki sebuah akun Facebook saja, selain itu tidak ada hal lain yang diperlukan. Namun perlu diketahui bahwa berperan sebagai admin grup bisa dibilang susah-susah gampang. Ia harus pandai membuat grup yang menarik dan bisa memiliki banyak anggota sehingga tetap ramai. Jika kalian sudah yakin, berikut ini tutorial dan panduan untuk membuat grup di Facebook dengan mudah :

a) Pertama kalian harus login ke akun FB terlebih dahulu, jika sudah silahkan perhatikan pada sisi kiri dan klik menu grup.

cara membuat grup facebook 1

b) Selanjutnya pilih opsi Buat Grup yang berada di bagian kanan atas.

cara membuat grup facebook 2

c) Kemudian akan muncul sebuah form, isi saja dengan nama grup yang ingin kalian buat. Lalu dibawahnya tambahkan beberapa teman untuk masuk ke dalam grup tersebut. Dan yang terakhir adalah pilih jenis privasinya, disana ada 3 opsi silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.

cara membuat grup facebook 3

d) Terakhir kalian biasanya akan disuruh untuk memilih ikon grup tersebut, pilih saja sesuai keinginan.

cara membuat grup facebook 4

e) Sampai disini grup facebook kalian telah berhasil dibuat, silahkan lakukan pengaturan lain jika diperlukan. Jangan lupa untuk mempromosikannya supaya banyak orang yang masuk kesana.

Demikian cara untuk membuat grup di facebook lewat HP dan PC dengan mudah. Tutorial diatas dapat kalian gunakan untuk mendaftarkan sebuah grup FB via komputer maupun facebook lite. Semoga tips kali ini bisa membantu kalian dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan mampir ke komentar.

Sumber:

https://merpati.co.id/tukangkonten-com/