5.314 Siswa Sudah Mendaftar SNMPTN di Unsyiah

5.314 Siswa Sudah Mendaftar SNMPTN di Unsyiah
5.314 Siswa Sudah Mendaftar SNMPTN di Unsyiah

Sebanyak 5.314 siswa SMA/SMK/MA sederajat sudah mendaftar sebagai peserta Seleksi Nasional

Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) hingga 28 Februari 2017. Pendaftaran SNMPTN berlangsung sejak 21 Februari – 6 Maret 2017, Darussalam, Banda Aceh.

Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng mengatakan, jumlah peminat Unsyiah melalui jalur SNMPTN akan terus meningkat hingga masa penutupan pada 6 Maret mendatang. Pada tahun ini Unsyiah menyediakan kuota sebesar 30 persen untuk jalur SNMPTN. Sementara melalui jalur tes tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) akan diterima 40 persen, dan sisanya 30 persen lagi dari jalur Mandiri.

“Jumlah peminat Unsyiah melalui jalur SNMPTN tahun 2016 mencapai 16.950 orang

. Jadi dipastikan peserta SNMPTN yang memilih Unsyiah akan terus bertambah,” sebutnya.

Dijelaskan, pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online di laman http://www.snmptn.ac.id. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional yang serentak berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester satu sampai dengan semester lima bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat.

“Namun bagi SMK dengan masa belajar empat tahun akan dihitung sampai semester tujuh. Semua peserta SNMPTN diwajibkan menyertai portofolio akademik,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik Unsyiah, Dr Hizir menambahkan

, calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus masih harus mengikuti beberapa tahapan sebelum secara resmi dinyatakan sebagai mahasiswa Unsyiah. Tahapan itu tersebut berupa verifikasi data akademik. Nantinya, akan diverifikasi rapor dan semua dokumen asli yang sudah diunggah saat mendaftar secara online.

“Umumnya peserta yang lulus SNMPTN di Unsyiah berasal dari Aceh. Tahun lalu 89,7 persen peserta SNMPTN yang lulus di Unsyiah adalah anak-anak Aceh,” ungkap Hizir yang juga Ketua Panitia Lokal SNMPTN 2017.

Disebutkan, Unsyiah kini menyediakan 63 program studi (Prodi) untuk program sarjana. Prodi tersebut ada yang kelasnya berada di kampus PDD Gayo Lues Unsyiah. Selama ini Unsyiah gencar melakukan sosialisasi SNMPTN 2016 bagi kepala sekolah di daerah-daerah, seperti Kabupaten Gayo Lues, Bener Meriah, Aceh Tengah, dan Aceh Tenggara. Sosialisasi ini sebagai upaya memberikan informasi kepada sekolah-sekolah tentang mekanisme SNMPTN tahun 2017.

 

Baca Juga :