Table of Contents

Anjing Piaraan Divaksin

Anjing Piaraan Divaksin
Anjing Piaraan Divaksin

Wabah rabies yang semakin mengganas di Bali dan saat ini telah menewaskan 102 jiwa menimbulkan keprihatinan bagi LSM pencinta hewan di Bali. Untuk mendukung program Pemerintah Provinsi Bali dalam menanggulangi rabies itu, Yayasan Yudhistira, salah satu LSM pencinta hewan di Bali, Selasa (26/10/2010) ini, melakukan vaksinasi keliling.

Mereka menyasar rumah-rumah warga di wilayah Denpasar selatan yang memiliki hewan peliharaan, khususnya anjing, yang selama ini kurang terawat. Selain anjing, tim vaksinasi juga memvaksin hewan-hewan lain yang berpotensi menularkan virus rabies, seperti kucing dan kera.

Yayasan Yudhistira sengaja menggunakan sistem door to door karena selama ini tim penanggulangan rabies dari Pemprov Bali lebih banyak menyasar balai-balai banjar.

“Aksi ini dilakukan karena selama ini pemerintah hanya sebatas di lingkungan banjar, dan tidak sampai menyentuh rumah ke rumah. Warga menyambut baik upaya ini karena mereka juga cemas terhadap rabies,” ujar Wayan Susiladinata, aktivis pencinta hewan di sela-sela vaksinasi di wilayah Pemogan, Denpasar Selatan.

Dalam sehari, tim vaksinasi Yayasan Yudhistira mampu memvaksin sedikitnya 100 hewan peliharaan. Selama tahun 2010 ini mereka berhasil memvaksin 10.000 anjing dan masih cukup jauh dari target, yakni 80.000 anjing di wilayah Denpasar dan Badung.

Baca Juga :