Gout merupakan salah satu osteoartritis yang menyebabkan persendian terasa nyeri, bengkak, dan kemerahan.

Sendi yang paling umum terkena gout adalah pergelangan kaki (pergelangan kaki, telapak kaki, lutut, dan kaki) serta tangan (siku, pergelangan tangan, tangan, dan jari kaki). Tulang belakang juga bisa terpengaruh meski jarang.

Asam urat bisa menjadi kronis jika tidak ditangani. Namun, asam urat bisa disembuhkan dan dicegah agar tidak kambuh.

Apa itu gout biasa?

Penyakit ini terjadi pada sekitar 1 dari 200 orang dewasa, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Namun, pria dewasa lebih mungkin mengalaminya daripada wanita.

Kondisi ini bisa dikendalikan oleh sejumlah faktor gaya hidup. Silakan berbicara dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda & gejala

Apa saja tanda dan gejala asam urat?
Gout awalnya tidak menunjukkan gejala. Gejala baru mulai muncul dan dirasakan jika kompilasi serangan akut berlanjut, atau jika kompilasi penyakitnya berkepanjangan (kronis).

Tanda dan gejala asam urat yang paling umum adalah:

  • Nyeri sendi yang parah dan tiba-tiba, yang biasanya terjadi pada pagi hari
  • Sendi bengkak dan bengkak
  • Sendi merah
  • Merasa panas tentang persendian

Gejala penyakit biasanya muncul secara tiba-tiba alias tidak terduga, meski sering terjadi pada malam hari.

Gejala biasanya hanya berlangsung beberapa jam selama 1-2 hari. Namun pada kasus yang parah, nyeri pada persendian bisa terjadi selama beberapa minggu. Beberapa sampai 6-12 bulan dengan intensitas nyeri yang berbeda setiap hari.

Ada juga tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang bentuk tertentu, konsultasikan dengan dokter Anda.

Stadium asam urat

Tiga tahapan gout berdasarkan tingkat keparahannya adalah:

Tahap pertama. Pada tahap ini asam urat sudah meningkat di dalam darah, tidak terlihat penyakit. Anda mungkin pernah berhubungan seks, orang yang menderita masalah ini, hanya akan mendapatkan gejala pertama setelah mengalami batu ginjal.
Tahap kedua. Asam urat telah menciptakan kristal umum di jari kaki. Sementara itu, Anda hanya akan merasakan nyeri dan pegal pada persendian, secara instan. Beberapa waktu kemudian, Anda akan mengalami lebih banyak gejala dengan intensitas dan frekuensi yang meningkat.
Tahap Tiga. Gejala tidak kunjung sembuh dan kristal asam urat tidak hanya membentuk satu sendi. Masalahnya, pada intoksikasi ini akan muncul gumpalan zat yang sudah mengkristal di kulit. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit yang lebih parah dan dapat merusak tulang rawan.
Kebanyakan orang yang menderita penyakit tersebut, hanya mengalami satu atau dua perbedaan. Ini sangat ditujukan kepada orang-orang yang mengalami situasi yang telah mencapai level tiga. Kebanyakan pasien dapat ditangani dengan baik pada tahap kedua.

Jika asam urat berlangsung lama, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Kapan saya harus ke dokter?
Jika Anda mengalami gejala apa pun, segera tanyakan kepada dokter Anda. Kadar asam urat kiri dapat digunakan sebagai kerusakan sendi permanen jika tidak ditangani.

Jika Anda demam dan persendian Anda terasa panas dan meradang, segera cari pertolongan medis. Ini bisa jadi pertanda infeksi.

karena
Apa penyebab asam urat?
Penyebab penyakit asam urat adalah kadar asam urat (gout) yang terlalu banyak darah. Dalam keadaan normal, bahan kimia tersebut akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urine dan feses.

Namun, jika jumlah asam urat terlalu tinggi untuk diproses oleh tubuh, zat tersebut kemudian mengeras dan membentuk kristal di persendian. Akumulasi kristal asam urat ini kemudian menyebabkan peradangan.

Asam urat yang berlebihan ini disebabkan pola makan yang tidak sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan.

Purin adalah bahan kimia alami di dalam tubuh, tetapi juga ada di beberapa jenis makanan. Membersihkan cara tubuh diolah menjadi asam urat. Namun semakin banyak asupannya, tubuh harus mengolah dengan baik.

Akhirnya, penumpukan purin dalam darah dapat meningkatkan risiko Anda dalam situasi ini.