Banyak sekali pembahasan tentang bokeh dan latar belakang yang kabur, terutama dalam fotografi potret wajah.

Sepertinya ada banyak kebingungan antara latar belakang yang tidak buram dan bokeh. Banyak fotografer secara keliru menganggap bahwa mengaburkan latar belakang (atau latar depan) adalah bokeh.

Itu adalah dua hal yang berbeda!

Apa perbedaan antara blur latar belakang dan bokeh?

Background Blur dan Bokeh Apa Bedanya

Latar belakang yang diburamkan adalah cara yang bagus untuk membuat subjek Anda terkenal, jadi fotografer potret menyukainya.

Selain itu, bokeh menambahkan sentuhan ajaib pada foto yang tidak dapat dikenali secara alami, jadi tidak mengherankan jika efek fotografi menjadi populer

Beberapa kesenangan fotografi menggambarkan dunia ini secara berbeda dari cara pandangnya pada umumnya.

Memahami perbedaan antara latar belakang kabur dan video bokeh memberikan kendali kreatif atas fotografi. Jika Anda tahu apa, Anda bisa mengerti, jadi mari kita lihat keduanya.

Apa itu latar belakangnya blur?

Jelas – petunjuknya diberi nama. Ambiguitas latar belakang adalah area yang tidak fokus pada foto di belakang subjek Anda karena penggunaan bidang kedalaman yang dangkal.

Latar belakang yang tidak mencolok tanpa bokeh
Foto ini memiliki latar belakang buram, tetapi tidak ada bokeh.

Anda tidak hanya harus menjadi latar belakang yang buram. Buramkan halaman depan dengan cara yang sama.

Bagaimana Anda mendapatkan latar belakang atau latar depan yang tidak mencolok?
Ada tiga cara utama untuk mencapai kedalaman dangkal dan oleh karena itu latar belakang buram, atau latar depan:

  • Buka
  • Panjang fokus
  • Jarak

Kedalaman bidang juga dipengaruhi oleh ukuran sensor kamera. Sensor bingkai penuh lebih baik dalam mencapai kedalaman yang dangkal daripada kamera sensor pangkas. Ini tidak berarti Anda tidak dapat menutupi latar belakang Anda dengan kamera sensor pemangkasan, lebih mudah pada kamera full frame.

Baca lebih lanjut tentang cara mendapatkan latar belakang buram: Menggunakan kedalaman bidang untuk komposisi fotografis yang menarik

Latar belakang kabur dan latar belakang bokeh tidak ada
Gambar di atas memiliki latar belakang dan latar depan yang kabur, tetapi tidak ada bokeh.

Ada apa dengan fotografi?

Hal yang akan saya katakan tentang bokeh adalah bahwa ada sejumlah cara untuk mengekspresikannya dan tidak ada yang setuju dengan cara yang benar. Saya mengatakan bahwa busur (seperti dasi) kuh (terdengar seperti ya, tetapi dengan k).

Saat kita berbicara tentang bokeh, kita berbicara tentang kualitas area yang tidak fokus. Bukan kualitas dalam artian baik atau buruk, tapi dalam hal tipe blur, pengaruhnya.

Bokeh adalah kabur kabur dari silau spekulatif dan muncul (biasanya) sebagai bentuk melingkar di latar belakang atau latar depan tidak fokus. Saya pikir ini adalah kebingungan. Karena bokeh dibuat di area yang tidak fokus pada foto, tentu saja, Anda tidak akan mendapatkan bokeh di area yang tidak fokus pada foto.

Gambar di awal artikel ini menunjukkan bokeh yang dihasilkan oleh cahaya yang tidak difokuskan dengan benar di latar belakang. Bokeh pada gambar di bawah dibuat oleh kerikil basah di pantai dengan latar depan yang tidak fokus.

bokeh batu basah di latar depan kabur
Ada bokeh di halaman depan yang tidak fokus, yang disebabkan oleh sinar matahari yang tidak fokus pada kerikil basah.

Apakah bokeh itu baik dan buruk?

Banyak fotografer beranggapan bahwa ada bokeh dan bokeh yang bagus, yang tidak diinginkan, tetapi subjektif.

Bentuk bokeh ditentukan oleh lensa Anda. Umumnya, ini karena bilah aperture yang lebih lebar menghasilkan bentuk yang lebih melingkar pada lensa yang lebih mahal, menghasilkan apa yang dianggap sebagai bokeh yang lebih baik. Bokeh jenis ini bulat dan tidak jelas, tanpa tepi yang tajam.

Lensa dengan bilah bukaan yang lebih kecil sering kali menghasilkan bokeh berbentuk segi enam, yang umumnya tidak sesuai. Tapi ingat ini hanyalah opini. Jika Anda menyukai segi enam, maka tidak ada yang salah dengan itu.

Jadi yang terjadi adalah, bentuk bukaan lensa tercermin dalam bentuk bokeh.

Bagaimana cara membuat bokeh?

Objek kecil apa pun yang memantulkan atau memancarkan cahaya dapat menghasilkan efek bokeh pada latar belakang atau latar depan yang tidak fokus.

Saya telah menulis tutorial tentang cara membuat bokeh, yang mencakup cara membuat filter bokeh DIY untuk bentuk yang bagus.

Baca juga: