Beberapa perbedaan sifat yang dapat dijumpai antara bakteri Gram

Beberapa perbedaan sifat yang dapat dijumpai antara bakteri Gram – positif dan bakteri Gram – negatif yaitu:

D.    Berdasarkan Kebutuhan akan Oksigen

Berdasarkan kebutuhan akan oksigen, bakteri dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu :

1.      Bakteri Anaerob

Merupakan bakteri yang tidak membutuhkan oksigen bebas untuk mendapatkan energi, misalnya Micrococcus denitrificans.

2.      Bakteri Aerob

Merupakan bakteri yang membutuhkan oksigen bebas untuk mendapatkan energi, misalnya Nitrosomonas, Nitrobacter, Nitrosococcus.

2.4.            Bakteri yang menguntungkan

Banyak bakteri yang menguntungkan dalam kehidupan manusia. Bakteri tersebut ada yang berperan dalam bidang pertanian, kelautan, industri, kesehatan dan masih banyak lagi. Salah satunya adalah dalam bidang pertanian.

1.      Bacillus cereus yang mampu mengendalikan laju pertumbuhan hama Spodoptera litura pada tanaman kubis

2.      Leuconostoc mesenteroides Pbac1 merupakan bakteri yang mampu menghasilkan bakteriosin yang berperan sebagai bakterisida dan juga pengawet makanan secara alami.

3.      Lactobacillus Bulgaricus yang membantu dalam proses pembuatan keju dari susu kacang hijau

4.       Enterobacter sp yang berperan penting dalam menghambat pertumbuhan fungi Curvularia sp yang menyebabkan penyakit bercak daun pada tanaman mentimun

Kesimpulan

Bakteri merupakan organisme yang berukuran sangat kecil, dengan ukuran 0,5-5 μm, tetapi ada bakteri tertentu yang dapat berdiameter hingga 700 μm. Bagian tubuh bakteri pada umumnya dapat dibagi atas 3 bagian yaitu dinding sel, protoplasma dan bagian yang terdapat di luar dinding sel.

Pengelompokkan bakteri dibedakan berdasarkan bentuk tubuh, letak dan jumlah alat gerak, kebutuhan akan oksigen serta berdasarkan pewarnaan pada gram (strain). Perbedaan yang paling mendasar antara Bakteri Gram – Positif dan Bakteri Gram – Negatif adalah dari komponen penyusun dinding sel.

https://movistarnext.com/