Bidang Komunikasi

Seperti kita ketahui komputer sangat besar pengaruhnya dalam bidang komunikasi. Kita bisa melakukan komunikasi dengan orang yang berada sangat jauh, antar pulau atau bahkan benua sekalipun, kita bisa berkomunikasi face to face atau secara langsung dengan orang yang berada jauh dibenua lain. Kita dapat mengirimkan surat dengan cepat dengan hanya memerlukan waktu beberapa detik saja menggunakan e-mail.

Bidang Geofisika Dan Cuaca

Penggunaan komputer dalam bidang geofisika dan cuaca antara lain :

  1. Untuk menganalisis keadaan cuaca yang mungkin akan terjadi pada suatu waktu pada suatu tempat
  2. Mengantisifasi kemungkinan terjadinya gempa
  3. Mengantisifasi kemungkinan terjadinya bencana di suatu tempat seperti banjir, angin kencang dan lain-lain
  4. Dapat mengetahui kandungan alam atau kekayaan alam yang mungkin berada di suatu tempat seperti keberadaan minyak bumi, batu bara , emas dan lain-lain.
  5. Bidang Konstruksi

Menggunakan komputer para sarjana konstruksi atau arsitek dapat mendesain rancang bangun sebuah gedung dengan permodelan dan perhitungan yang akurat. Pemanfaatan komputer dalam bidang konstruksi sejalan dengan berkembangnya software-software pendukung seperti Auto CAD, 3 DSMax,3DHome,untuk perhitungan dan analisis kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.

  1. Bidang Perdagangan

Contoh pemanfaatan sederhana dari sistem perdagangan atau transaksi barang saat ini adalah pemanfaatan komputer untuk pembayaran di kasir, transaksi penjualan elektronik via internet atau toko online. Sistem pembayaran transaksi perdagangan antar negara (ekspor dan impor),pengolahan administrasi dan akuntansi laba rugi perusahaan.

  1. Bidang Seni ( Film Dan Lagu )

Seniman memanfaatkan komputer untuk membuat film,seni grafis dan musik. Synthesizers berbasis komputer memberikan peluang besar kepada komposer yang mampu memanfaatkan untuk menghasilkan lagu-lagu dengan kualitas tinggi. Pengaturan rekaman dan modifikasi suara sehinga menghasilkan suara yang bagus dengan media komputer, mencetak lagu-lagu kedalam CD atau DVD perlu bantuan program komputer yang disebut dengan buring atau pembakaran. Komputer juga digunakan untuk disain Grafis resolusi tinggi dan pengolahan citra sehinga memungkinkan dibuatnya citra berkualitas tinggi dengan efek 3 dimensi yang amat menarik, pembuatan animasi kartun, editing adegan dalam film dan pembuatan efek-efek didunia akting seperti : pemain atau sang aktor dapat terbang ke atas awan atau membuat efek bencana alam seperti efek-efek dalam film 2012 dimana sebuah pulau dibuat seolah-olah terangkat ke permukaan atau terbelah.

Sumber: https://ekonomija.org/penjualan-iphone-8-semakin-lemah-iphone-x-naik/