cara melatih anak membaca

Usia anak-anak ialah waktu dimana mereka dengan gampang untuk menyerap segala informasi. Oleh karena tersebut membaca adalahsalah satu keterampilan yang mesti diajarkan semenjak dini. Namun, tidak sedikit orang tua yang masih kendala dalam mengajari anak menyimak dikarenakan banyak sekali anak-anak bakal sulit konsentrasi dalam mengenal huruf-huruf ketika diajari. Berikut ini tips teknik mengajar anak menyimak dengan langkah-langkah yang simpel namun unik untuk anak-anak:

1. Membacakan suatu kisah pada anak.
Kegiatan ini dapat dilakukan menjelang sesaat anak hendak tidur, baik tersebut tidur siang atau istirahat dimalam hari. Bacakan sebuah kisah kepada anak, pada tahapan ini hail yang diharapkan ialah anak dapat memperhatikan dan menyerap informasi serta memahami makna kata per kata dan kalimat yang dibacakan oleh orangtua. Saat membacakan kisah ajak anak guna berinteraksi.

2. Expresikan masing-masing yang kita bacakan.
Expresi ketika bercerita dapat menambah minat anak memperhatikan cerita. Gunakan ekspresi yang mewakili masing-masing kata yang diucapkan supaya anak semakin tertarik menyimak dan pada kesudahannya anak akan memahami maksud dari perkataan.

3. Tunjukan masing-masing huruf yang dibacakan
Sambil bercerita, perlihatkan anak pada kitab yang kita bacakan, kemudian tunjuk kata-per-kata yang kita bacakan supaya anak menyaksikan tulisan dan huruf-hurufnya. Walaupun anak kita belum tahu huruf, urusan ini akan mengajar anak untuk menilik setiap hurufnya. Tunjukan ucapan-ucapan yang sering dipakai sehari-hari. Misal: Mamah, Papah, Kakak, Adik, dsb.

4. Berinteraksi ketika membacakan cerita
Lakukan interaksi dengan anak saat membacakan cerita. Bentuk interaksi dapat berupa tanya jawab, berhenti membacakan ditengah-tengah cerita, kemudian tanyakan apakah anak memahami maksud yang dikisahkan atau apakah dia konsentrasi terhadap apa yang diceritakan? Hal ini dapat mengajar pemahaman anak saat membaca dan mendengarkan.

5. Berikan kitab yang dibaca untuk Anak.
Berikan kitab yang kita bacakan untuk anak supaya mereka mengeksplorasinya sendiri. Dengan ini anak bakal mencari-cari kisah yang dibacakan.

Langkah-langkah diatas selain bisa mengajari anak dalam mengenal teknik membaca pun akan menjalin kekariban antara orang tua dan anak sampai-sampai anak bakal merasa paling disayangi oleh orangtuanya.

Sumber : http://www.9oo9le.me/details.php?site=www.pelajaran.co.id