Seperti kita ketahui, pandemi virus Corona Covid-19 telah menjadi tontonan spektakuler bagi komunitas dunia, termasuk Indonesia. Pada tulisan ini (2 April 2020), jumlah pasien yang dikonfirmasi dengan Covid-19 di Indonesia telah mencapai 1.667.

Dari total, 103 pasien sembuh dan 157 pasien meninggal. Angka-angka ini menunjukkan bahwa penyebaran virus ini di Indonesia cepat dan angka kematiannya cukup tinggi.

Jadi bagaimana Anda mencegah penyebaran Covid-19?

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyelidiki dan melaporkan cara mencegah penyebaran virus Corone (Covid-10). Dan sekarang, Google di beranda mengingatkan kita akan beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus.

5 tips untuk mencegah penyebaran Covid-19

Virus Corone Covid-19 dapat menyebar dengan cepat melalui cairan yang muncul dari tubuh manusia, seperti batuk dan bersin. Berikut adalah lima hal yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus:

1. Cuci tangan Anda lebih sering
Mencuci tangan dengan alkohol atau sabun tangan harus membunuh virus yang menempel di telapak tangan Anda.

Cuci tangan Anda secara teratur dan setidaknya selama 20 detik untuk menjaganya tetap bersih.

2. Pemindahan fisik
Menghapus jarak fisik Anda atau memperluas jarak Anda ke orang lain adalah cara yang efektif untuk mencegah tertular Covid-19. Kurangi setidaknya 1 meter atau lebih untuk mencegah kontak fisik yang tidak disengaja atau paparan cairan orang lain selama bersin atau batuk.

3. Hindari menyentuh mulut, hidung, dan mata Anda
Virus dapat bergerak ketika kita menyentuh benda-benda tertentu, seperti ketika seseorang terinfeksi virus menderu dan menabrak dinding.

Tangan kita bisa menyentuh permukaan benda yang mengandung virus. Ketika tangan terkontaminasi, virus secara tidak sengaja bergerak ke mata, mulut, atau hidung saat kita bersihkan.

Virus dapat masuk ke tubuh melalui mata, hidung dan mulut. Karena itu, jangan menyentuh bagian tubuh ini sebelum mencuci tangan.

4. Etika batuk dan bersin
Biasanya seseorang menutup mulutnya dengan pincang saat batuk atau bersin. Di zaman sekarang ini, ini tidak boleh dilakukan oleh tangan tanpa jaringan.

Kami menyarankan untuk menutup mulut atau hidung dan siku Anda selama batuk atau bersin. Jika Anda menggunakan telapak tangan, pastikan untuk menggunakan jaringan Anda dan buang setelah bekerja.

Penyebaran virus dapat terjadi dengan cepat dengan tetes atau batuk. Jadi, dengan bantuan tips ini, kami dapat membantu mencegah penyebaran Covid-19.

5. hidup di bumi
Beberapa orang tidak dapat hidup di bumi karena berbagai alasan. Namun, jika Anda ingin menyebarkan rantai distribusi Covid-19, penting bagi semua pelanggan untuk tetap di rumah.

Apalagi jika Anda tidak sehat. Dan jika Anda melihat gejala infeksi Covid-19, seperti batuk kering, demam, dan kesulitan bernapas, Anda harus segera pergi ke dokter.

Baca juga: