Cara Mengatasi Anak Susah Tidur Malam

Anak yang cerdas dan aktif pastinya mempunyai asupan gizi tinggi dan tidur yang cukup. Pola istirahat malam yang teratur paling penting untuk si kecil supaya kecerdasan otaknya berkembang secara optimal. Sebaliknya, anak yang sulit tidur malam akan ingin mengalami pertumbuhan yang lebih lambat daripada anak-anak yang mempunyai waktu tidur cukup.

Salah satu teknik mengatasi anak yang sulit tidur malam ialah menerapkan rutinitas yang teratur supaya pola kesehariannya teratur dengan baik. Nah, semua orang tua tidak butuh lagi bingung ketika menghadapi si kecil yang sulit tidur, sebab ada cara-cara simpel yang dapat dilakukan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Mengatur jadwal istirahat teratur

Jika sekitar ini si kecil terbiasa istirahat malam, kita perlu mengerjakan penjadwalan ulang secara bertahap. Namun, perlu dikenang bahwa teknik ini perlu dilaksanakan secara perlahan. Buatlah jadwal istirahat yang tertata untuknya. Rutinitas yang dilaksanakan secara konsisten bakal membantunya terhindar dari sulit tidur malam. Pastikan pun si kecil tidur paling tidak 8 jam dan tidak lewat pukul 9 malam, supaya mendapatkan tidur yang berkualitas.

Memisahkan hiburan dari kamar tidur

Cara selanjutnya yang dapat Anda kerjakan untuk menanggulangi si kecil yang sulit tidur malam ialah tidak menempatkan televisi di dalam kamarnya. Jika kamar anak diisi dengan game, TV, gadget, dan beda sebagainya, akan menciptakan tidurnya tertunda. Bagi itulah, semua orang tua perlu mengasingkan fitur hiburan yang bakal menganggu masa-masa istirahat anak.

Membuat rutinitas menyenangkan

Buatlah rutinitas istirahat yang menyenangkan untuk si kecil. Caranya lumayan sederhana, contohnya menyikat gigi bareng Ayah dan Bunda, lantas dilanjutkan dengan membasuh tangan dan kaki. Di samping itu, kita juga dapat membacakan kisah dongeng sebagai pendahuluan tidur yang akan menciptakan si kecil lebih rileks. Lakukan rutinitas ini masing-masing hari untuk menanggulangi anak yang sulit tidur malam hari.

Menciptakan kamar yang nyaman

Anak yang sulit tidur pada malam hari seringkali dipengaruhi oleh keadaan yang tidak cukup nyaman. Oleh karenanya, semua orang tua perlu membuat kamar yang nyaman supaya mereka bisa dengan gampang berisirahat. Kamar anak-anak usahakan didesain dengan warna-warna lembut. Di samping itu, pilihlah kampu kamar yang tidak terlampau terang supaya membantunya lebih gampang untuk memejamkan mata. Pastikan pun untuk selalu mengawal tempat tidurnya tetap bersih dan tidak berbau.

Mengingatkan untuk istirahat satu jam sebelumnya

Saat anak sedang asyik mengerjakan kegiatan, seringkali mereka bakal lupa untuk istirahat cepat. Hal ini pastinya akan menciptakan para orang tua kendala untuk mengajak mereka istirahat saat tersebut juga. Solusinya, Anda dapat secara teratur mengingatkan anak untuk istirahat satu jam sebelumnya. Di samping itu, pastikan mereka guna selalu membasuh tangan dan kaki, menggosok gigi, dan mengubah baju dengan piama.

Memastikan anak menemukan asupan bergizi

Terkadang, si kecil susah tidur malam disebabkan perutnya lapar. Anak-anak memang memerlukan asupan gizi lebih tidak sedikit daripada orang dewasa. Sebelum tidur, pastikan anak Anda menemukan asupan yang lumayan dengan makanan bergizi. Jika anak masih lapar, Anda dapat memberikan camilan yang sehat.

Membatasi waktu istirahat siang

Tidur siang memang baik dan disarankan untuk si kecil. Anak-anak yang tidak terbiasa istirahat siang akan merasakan gangguan pada keterampilan emosional, konsentrasi, dan daya pikirnya. Namun, hindarilah tidak mempedulikan anak untuk istirahat siang terlampau lama sebab akan menciptakan mereka kendala beristirahat pada malam hari.

Sumber : http://www.fotka.pl/link.php?u=https://www.pelajaran.co.id