Cara Ternak KenariCara Ternak Kenari

Di sini akan saya jelaskan bagaimana tentang caraternak Kenari untuk sebuah usaha (komersial) dan untuk pemula (penghobi). Saat ini Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung yang sedang populer, bahkan sampai saat ini Burung Kenari masih laris manis di pasaran. Burung Kenari sangat banyak diminati baik di pasar lokal ataupun di level Internasiaonal.

Cara Ternak Kenari
Burung ini merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki harga yang konsisten, di tingkat pemasarannya burung ini masih stabil dari harga yang murah sampai yang mahal semuanya laris manis. Jika sudah seperti ini Burung Kenari akan menjadi primadona di kelasnya, dan akan menciptakan salah satu terobosan usaha untuk membudidayakan Burung Kenari kenari. Bahkan saat ini Burung Kenari mampu menyita para pemula untuk memulai mempelajari cara ternak Kenari yang benar, baik hanya untuk sebagai hobi atau untuk bisnis.

Burung Kenari menjadi pilihan sebagai burung yang paling ramai di budidayakan karena sifatnya yang konsisten dari segi harga dan juga peminatnya. Selain itu tentunya banyak kelebihan yang ada pada Burung Kenari, tubuhnya yang kecil akan lebih hemat dalam kebutuhan pakan. Namun ada yang lebih penting, keunggulan pada Burung Kenari ini sangatlah banyak seperti memiliki suara kicau yang bagus, lembut, nyaring, dan tidak kasar. Dengan banyak kelebihan pada burung Kenari ini adalah salah satu faktor Burung ini sangat diminati dan menyenangkan sang pemiliknya.

Keunggulan lainnya adalah karena Burung Kenari memiliki karakter sebagai Burung yang di konteskan, saat ini sangat banyak event-event kontes burung kenari baik tingkat Kecamatan, Kota, atau Nasiaonal dan bahkan Internasiaonal. Untuk itu perlu di pelajari lebih lanjut bagaimana cara ternak Burung Kenari yang benar sehingga mampu untuk memanfaatkan peluang pasar yang ramai tersebut.

 

Di bawah ini merupakan beberapa keunggulan mengapa Burung Kenari layak di pelihara dan untuk di budidayakan :

Cara ternak Kenari sangat mudah karena sifatnya yang mudah beradaptasi pada lingkungan, Burung ini akan beradaptasi dengan baik jika terjadi perubahan iklim.
Dengan memiliki tingkat birahi yang cukup tinggi akan memudahkan dalam cara ternak Kenari, Burung ini memiliki tingkat birahi yang lebih tinggi dari jenis Burung kicau lainnya sehingga akan mempermudah jika akan di budidayakan. Faktor birahi burung kenari ini di sebabkan beberapa variasi pakan yang di konsumsi, penjemuran yang berlebihan, dan apabila bertemu dengan pasangannya langsung.
Burung Kenari memiliki suara kicau yang bagus dan mudah untuk menirukan kicau burung Kenari lainnya atau bahkan menirukan jenis burung lainnya. Dengan ini burung ini adalah termasuk sebagai burung penyanyi dan petarung karena sifatnya yang sangat mudah di latih untuk gacor.
Di atas sudah saya jelaskan kelis tentang Burung Kenari, mengenai sifat-sifatnya dan juga keunggulan-keunggulan tertentu sehingga Burung ini menjadi paling favorit di kelasnya. Baiklah selanjutnya saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara ternak Kenari yang baik dan benar untuk bisnis (komersial) atau penghobi di bawah ini :

1. Persiapan Sangkar/Kandang

Yang pertama harus di siapkan apabila akan memulai ternak Burung Kenari adalah dengan mempersiapkan kandang/sangkar terlebih dahulu. Kondisi sangkar harus di perhatikan, baik dari seberapa besar ukuran sangkarnya, peletakan yang tepat aman dari pemangsa dan suhu stabil, dan juga kebersihan yang harus selalu di perhatikan agar burung tetap selalu sehat. Untuk ukuran sangkar dapat di beli di pasaran dan pilih yang tidak terlalu kecil, karena sangkar kecil dapat memicu terjadinya stress pada Burung Kenari.

Cara Ternak Kenari Dengan Mempersiapkan Sangkar
Peletakan sangkar ini juga tidak boleh sembarangan, sebaiknya tempatkanlah pada pinggir tembok agar tidak mudah goyah dan area yang sepi, karena jika ramai akan mengganggu Burung Kenari yang sedang mengerami telurnya. Selain itu sangkar/kandang Burung Kenari harus aman dari para pemangsa dan serangga pengganggu yang dapat membahayakan seperti tikus, kucing, anjing, semut dan binatang lainnya yang dapat mengganggu ketenangannya. Yang harus di perhatikan lainnya adalah tentang kebersihan, jadi Kita di tuntut agar selalu membersihkan kandang setiap harinya dan bila perlu setiap kotoran menumpuk langsung di bersihkan, bisa di lakukan pagi don sore.

 

Recent Posts