Table of Contents

Figure 2 Modem Eksternal

Figure 2 Modem Eksternal
Figure 2 Modem Eksternal

Modem ini dapat terkoneksi melalui bus USB, bus PCMCIA, bus serial, bus parallel atau Express Card. 2. Modem Internal

Figure 3 Modem Internal

Jenis modem ini harus ditancapkan pada slot PCI pada motherboard. Pastikan agar modem tertancap dengan benar. Sistem Perkabelan jaringan Disiapkan dan Dipasang dengan Benar Kabel yang akan digunakan adalah UTP, panjang kabel disesuaikan dengan jarak antar computer yang akan mau dihubungkan. Lalu cara pemasangannya akan ditunjukan dalam langkah-langkah di bawah ini: 1. Potong kabel sepanjang kurang lebih 2-3 meter, panjang kabel disesuaikan dengan jarak antar computer 2. Keluarkan jaket yang berada di ujung kabel 3. Pisahkan kabel menjadi 4 pasang 4. Melepaskan pilinan setiap pasang kabel 5. Atur tata letak setiap kabel, berdasarkan pemakaian kabel dibagi menjadi dua: tipe Straight (Urutan warna PO, O, PH, B, PB, H, PC, C) dihubungkan untuk menghubungkan antara computer dengan transmisi dan tipe cross (urutan warna PH, H, PO, B, PB, O, PC, C) digunakan untuk menghubungkan antar alat transmisi. 6. Membersihkan pembungkus kabel sepanjang 1,2 cm dari ujung kabel. 7. Mempersiapkan urutan dari setiap kabel. 8. Memasukan setiap kabel pada setiap lubang pada konektor RJ-45

9. Mendorong kabel ke arah konektor RJ-45 untuk memastikan setiap kabel terhubung ke dalam setiap lubang. 10.Mengecek kembali dengan melihat urutan warna kabel yang ada pada RJ-45. 11.Mengklip RJ-45 untuk mengakhiri pemasangan dengan alat ‘Crimp Tool’ 12.Melakukan kembali pemasangan pada ujung kabel lainnya. 13. Menggunakan ‘Cable Tester’ yang berfungsi mengetest apakah semua kabel dapat terhub0075ng secara elektrik. Perangkat Penghubung antar Computer Seperti Hub/Switch di siapkan dan Dipasang dengan Benar. Kita harus menentukan terlebih dahulu mana yang akan kita pilih antara Hub/Switch karena keduanya mempunyai fungsi yang sama. Kita akan mebahas lebih dalam Fungsi Hub dan Switch. Hub memiliki fungsi untuk mengirimkan semua informasi yang telah diterima, jadi seluruh peralatan yang terhubung ke portnya akan menerima informasi. Ini akan berdampak ‘Traffic’ yang tidak perlu tetap dikirimkan ke semua alat. Dalam lingkup network yang tidak terlalu besar hal itu tidak berdampak besar tetapi untuk network dengan lingkup yang jauh lebih besar akan sangat berdampak yang akan menjadikan transfer time menjadi lambat. Switch mengirimkan informasi berdasarkan address yang terdapat pada setiap paket informasi. Ketika menerima paket informasi, switch akan mengecek addressnya dan akan mengirimkan paket tersebut hanya ke port yang dituju. Hal ini akan mengurangi ‘Traffic’ yang tidak perlu yang akan muncul jika informasi yang sama akan dikirimkan ke seluruh port (seperti Hub). Jadi antara Hub atau Switch aman yang harus kita pilih? Di dalam network yang terdapat kurang dari 30 Users, akan sangat cocok apabila menggunakan Hub. Jika network terdapat lebih dari 50 Users kita akan membutuhkan switch, untuk mengurangi jumlah ‘Traffic’ yang tidak perlu yang telah dihasilkan oleh Hub. Setelah kita menentukan mana yang akan kita gunakan, cara pemasangan kedua alat ini sangat mudah. Anda dapat mengikuti instruksinya yang terdapat pada manual booknya. Instalasi Driver Hardware Jaringan yang Dibutuhkan Langkah pertama untuk melakukan koneksi internet adalah menginstalasi modem. Modem merupakan perangkat perantara antara komputer anda dengan saluran telepon agar dapat berhubungan dengan ISP (Internet Service Provider – penyedia jasa internet) anda. 1. Klik Start, pilih Settings,pilih Control Panel. Maka akan muncul window Control Panel. 2. Pada windows Control Panel, pilih icon Modem dan klik dua kali sehinga muncul window Instal New Modem (bagi yang pernah memasang modem sebelumnya makan akan tampil window Modem Properties. Bila anda ingin menambah driver modem baru, klik Add).

Windows dapat melakukan deteksi otomatis terhadap perangkat modem yang telah terpasang pada PC anda, tapi hal ini terbatas pada modem yang telah dikenali oleh Windows. Apabila anda memilih deteksi otomatis, maka kosongkan kotak Don’t detect my modem, lalu tekan Next. Apabila anda memiliki modem jenis baru dan disertai file driver (dalam disket / CDROM), sebaiknya anda memilih deteksi manual sehingga dapat memanfaatkan feature terbaru dari modem tersebut (misal kemampuan support 56 kBps, fax, voice, dll). Untuk itu pilih kotak Don’t detect my modem, dan tekan Next. 3. Pada menu selanjutnya ditampilkan daftar modem yang telah dikenali dan tersedia drivernya oleh Windows. Pilih type modem yang sesuai dengan modem anda, lalu tekan Next. Apabila anda tidak memiliki file driver, maka anda dapat memilih type Standard Modem, misalnya dengan kecepatan 28800 bps, lalu tekan Next lalu anda dapat langsung menuju ke langkah 5.

Apabila anda memiliki file driver (disket / CDROM) yang disediakan pabrikan, maka pasang disket / CDROM tersebut, lalu tekan tombol Have Disk. 4. Pada menu selanjutnya muncul window Install From Disk. Masukkan disket / CDROM yang berisi file driver modem anda, pilih dirive yang sesuai (A:\ atau pilih CDROM, lokasi lain menggunakan menu Browse).

5. Apabila file driver berhasil di ambil, maka akan muncul window mengenai driver tersebut (pada contoh ini, driver modemnya V90 & K56Flex DATA-FAX-VOICE Modem, yang memiliki kemampuan s/d 56 kBps). Pilih driver yang sesuai (bila lebih dari satu), selanjutnya tekan Next.

6. Setelah selesai, maka anda harus menentukan port komunikasi (COM) dimana modem tersebut terpasang. Sebagai contoh, dipilih port COM1 karena biasanya modem terpasang pada port tersebut (kecuali dipakai untuk media lain). Kemudian tekan Next.

Pada tahap ini bila dilakukan dengan benar, maka modem akan terpasang pada PC anda. Klik Finish untuk mengakhiri setup modem Anda. Untuk melakuan koneksi internet, anda harus melakukan setting dial up untuk menentukan nomor telepon ISP yang menyediakan akses internet. Cara instalasi driver NIC (Network Interface Card) pada sisitem Windows, ikuti langkah berikut: 1. Hidupkan komputer anda dan lihat layar.

Sumber : https://galleta.co.id/