Table of Contents

Game Online

Game Online
Game Online

Perkembangan pengguna internet di dunia dan di Indonesia pada khususnya yang sangat pesat memicu munculnya tren-tren baru di kalangan pengguna internet. Bermain game online adalah salah satu tren yang sedang mewabah di kalangan pengguna internet di dunia, termasuk di Indonesia.

Penelitian terdahulu mengenai internet game sudah dilakukan oleh [KUR2003] dengan membangun game Role Playing Game berbasis web menggunakan teknologi Java. Namun aplikasi tersebut mempunyai kekurangan yaitu ukuran game yang terlalu besar untuk bisa di download dengan cepat dan belum mendukung multi pemain.

Pembuatan Aplikasi ini dibuat dengan tujuan membuat game online Role Playing Game Battle yang mendukung multi pemain dengan hasil akhir berukuran seminimal mungkin tanpa mengurangi kualitas visualisasi. Pembuatan Aplikasi ini ini dibuat dengan teknologi Macromedia Flash MX sebagai klien, Flash Communication Server MX sebagai server permainan, dan Macromedia Flash Remoting untuk berkomunikasi dengan layanan (service) penyimpanan dan pembacaan database. Permainan yang dibuat bersifat realtime dan koneksi persisten akan dibentuk guna membangun komunikasi dua arah dengan server. Dalam pengembangannya aplikasi ini menggunakan pemrograman model Shared Object dan protokol Real Time Messaging Protocol (RTMP) milik Macromedia untuk membangun koneksi persisten tersebut.

Aplikasi yang dihasilkan diuji coba dengan parameter waktu download yang dibutuhkan untuk dapat memainkan game ini serta performa koneksi pada saat jalannya permainan. Performa koneksi diukur dengan melihat waktu yang dibutuhkan antara pengiriman data dan respon dari server.

TUUAN DAN MANFAAT

Tujuan dari Pembuatan Aplikasi ini ini adalah untuk membangun Online multiplayer RPG-battle game berbasis web dengan teknologi Macromedia Flash MX , Macromedia Flash Remoting dan server side action script pada Macromedia Coldfusion MX, serta dengan Macromedia Flash Communication Server.

Manfaat dari Pembuatan Aplikasi ini ini :

§ Terobosan baru multiplayer internet game dengan TCP/IP direct socket connection yang berbasiskan Macromedia Flash MX dan Flash communication server MX.

§ Bagi dunia TI, dapat dikembangkan menjadi aplikasi web lain yang real time menggunakan teknologi direct socket connection misalkan untuk info saham yang real time.

§ Bagi web developer mengubah paradigma lama yang memandang Macromedia Flash hanya sebagai desain tampilan grafis yang hanya digunakan oleh web designer menjadi salah satu bahasa pemrograman web yang terintegrasi dengan desain grafis yang dapat dimanfaatkan siapa saja untuk membangun aplikasi-aplikasi berbasis web yang real time .

§ Bagi umat manusia, game ini akan menjadi salah satu alternatif hiburan baru dan dapat dikembangkan menjadi sistem permainan yang bukan hanya sekedar permainan namun dihubungkan dengan dunia nyata (misalnya untuk manajemen suatu sistem ) .

§ Bagi penggemar game, game ini akan menjadi inovasi permainan baru yang sangat menarik dan dapat menimbulkan kompetisi antara para pemainnya yang tersebar di seluruh dunia

§ Game ini melatih kemampuan pemain untuk mengatur strategi, juga melatih kemampuan konsentrasi dan logika.

§ Dari segi bisnis game ini mempunyai prospek bisnis online yang sangat potensial seperti Nexia, Ragnarok Online, dan game sejenis.

Sumber : http://online-education-lecturer-.manifo.com/