Ini Cara Amankan Komputer Dengan USB Flashdisk

 

 Ini Cara Amankan Komputer Dengan USB Flashdisk
Ini Cara Amankan Komputer Dengan USB Flashdisk

Agar tidak digunakan seenaknya oleh orang lain, kebanyakan orang sering menggunakan password untuk mengamankan komputer atau laptopnya. Karena kadang banyak data dikomputer yang jadi file rahasia, misalnya data proyek, skripsi, atau foto-foto mantan #gagalMuvoen yang kalau data-data tersebut dibuka oleh orang lain bisa jadi bahaya. Ketauan kalau susah muvon, ups.

Namun pengamanan dengan password saat ini sudah dianggap kurang memuaskan, karena banyak software

bertebaran untuk hack dan membobol passwod komputer kita. Nah kali ini ada cara baru untuk bisa mengamankan komputer, cukup dengan flashdisk USB yang kita fungsikan sebagai ‘kunci’ untuk membuka komputer kita. Layaknya kunci, komputer atau laptop akan berjalan disaat flashdisk itu terhubung. Keren kan? Buat mereka yang tidak pegang ‘kunci’ flashdisk tersebut tentu dong tidak bisa memakai komputer kita.

Langsung aja caranya seperti ini

1. Download aplikasi Predator USB disini . Oh ya aplikasi ini baru tersedia untuk yang menggunakan os Windows.

2. Silahkan diinstall aplikasinya. Jika sudah, jalankan aplikasi Predator USB dan masukan flashdisk yang akan jadi komputer kita. Nanti saat terdeteksi flashdisknya, kita akan diminta memasukan password. Password ini wajib diingat ya, karena ini akan digunakan untuk membuka komputer saat flashdisk terpaksa harus hilang. Diawal ini nanti kita bisa ubah lagi kok passwornya.
1

Sumber image : Dokumentasi Pribadi

Kalau sudah selesai, saatnya buka setting preference untuk memasukan setting-setting lain. Caranya ada di taskbar

kanan bawah windows, klik kanan icon Predator USB lalu di pilih preference…

2

Sumber Image : dokumentasi pribadi

Disetting prefference ini kita bisa ubah passwod, dan juga bisa kita masukkan double protection agar pengguna komputer selain harus memakai kunci flashdisk juga harus pakai password. Caranya dengan memberikan centang pada pilihan Alwasy Required.

Flashdisk yang didaftarkan juga bisa lebih jadi satu kok. Ya semacam duplikat gitu. Aplikasi ini secara default tiap

30 detik akan mengecek apakah flashdisk masih dalam posisi tertancap dikomputer atau tidak. Jika posisi sudah tidak tertancap maka komputer otomatis tidak bisa digunakan.

Dengan aplikasi ini, tentu komputer kita bisa aman dari pengguna-pengguna nakal yang tidak bertanggaung jawab. Pun data-data kita, juga status gagal muvon pun nggak bakal ketauan 😀

Sumber:

https://excite.co.id/