Table of Contents

 Input Produksi dan Berkah

         Kegiatan produksi membutuhkan berbagai jenis sumber daya yang menjadi masukan secara langsung maupun tidak langsung dalam proses produksi. Sebuah mobil misalnya, tidak bisa dibuat hanya dengan tersedianya besi atau karet saja, atau ada tenaga kerja saja, atau ada pengusaha mobil saja, tetapi merupakan hasil kombinasi antara berbagai faktor produksi sebagai input produksi. Sebuah mobil dapat sampai ke tangan konsumen berkat adanya bahan-bahan yang mencukupi (besi, karet, alumunium), yang diolah oleh para tenaga kerja yang memiliki keahlian pada bidangnya baik diolah secara manual maupun dengan dibantu mesin, dan kemudian setelah menjadi mobil dijual atau disalurkan oleh para distributor kepada konsumen. Keseluruhan proses pembuatan mobil di atas selain membutuhkan koordinasi manajerial dari seorang manajer, membutuhkan gagasan dari seorang wirausahawan, juga membutuhkan biaya-biaya atau modal.

         Pada dasarnya,faktor poduksi atau input ini secara garis besar dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu input manusia (human input)dan input nonmanusia (non human input). Yang termasuk dalam input manusia adalah tenaga kerja/buruh dan wirausahawan, sementara yang termasuk dalam input nonmanusia adalah sumber daya alam (natural resources), kapital (financial capital), mesin, alat-alat, gedung, dan input-input fisik lainnya (physical capital). Pengkategorian input menjadi input manusia dan nonmanusia ini setidaknya dilandasi oleh dua alasan, yaitu:

Sebagaimana diketahui, berkah merupakan komponen penting dalam mashlahah. Oleh karena itu, bagaimanapun dan seperti apa pun pengklasifikasiannya, berkah harus dimasukkan dalam input produksi. Memasukkan berkah sebagai input produksi adalah rasional, sebab berkah mempunyai andil (share) nyata dalam membentuk output. Demikian pula barang yang diproduksi dengan input berkah yang rendah akan menghasilkan output dengan kandungan berkah yang rendah pula, dibandingkan yang menggunakan input berkah tinggi. Akibatnya mashlahah  dari barang tersebut juga rendah.

Sumber :

https://zalala.co.id/pusat-riset-apple-diharapkan-dorong-konten-lokal/