Jaringan Komputer (Computer Network)

Jaringan Komputer (Computer Network)
Jaringan Komputer (Computer Network)

1). Pengertian Jaringan atau Network Komputer

Jaringan atau network adalah kumpulan dua atau lebih sistem komputer saling terhubung, terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya seperti :kabel,switch,hub,router yang bekerja bersama-sama untuk mencapai satu tujuan yang sama.

2). Tujuan dari jaringan atau Network adalah :

  • Membagi fungsi sumber daya seperti berbagai pemakaian printer
  • Komunikasi Contoh : Surat Elektronik
  • Akses informasi Contoh : Website

3). Kriteria Network

I. Berdasarkan skala :

A. Local Area Network (LAN) adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu computer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas. Sebuah LAN biasanya terdiri dari dua atau lebih komputer di ruang yang sama dengan menggunakan fiber optik atau kabel Ethernet untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan LAN, jaringan pribadi dan jaringan LAN perkantoran.

B. Metropolitan Area Network (MAN) adalah jenis jaringan yang terdiri dari dua atau lebih komputer di dua lokasi geografis yang berbeda di kota yang sama. MAN dapat menggunakan kabel (tembaga, fiber optik) atau nirkabel serta sejumlah perangkat komunikasi yang perlu digunakan dalam sebuah jaringan MAN. MAN pada dasarnya hamper sama dengan LAN hanya saja mencakup area yang lebih luas yaitu sekitar 10-50 km.

C. Wide Area Network (WAN) adalah jaringan computer yang terdiri dari dua atau lebih komputer di dua wilayah geografis yang berbeda (berbagai kota atau negara) dan dengan metode yang berbeda, untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan WAN dibutuhak provider yang menyewakan ( sinyal ISDN, gelombang radio, gelombang mikro, koneksi dial-up dan konektivitas melalui satelit). Internet adalah WAN terbesar di muka bumi. Dengan penemuan teknologi jaringan nirkabel, teknologi komunikasi mobile dan serat optik penggunaan kabel saat ini telah jauh menurun. WAN biasanya mencakup jaringan antar kota, negara dan benua atau bisa di samakan dengan internet.

II. Berdasarkan fungsi yaitu:

A. Client Server adalah jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Contohnya : sebuah domain seperti www.detik.com.

B. Peer to Peer adalah jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi klient secara bersamaan.

Baca Juga :