Jenis Pasar

Jenis Pasar
Jenis Pasar

Definisi Pasar itu sendiri merupakan

tempat bertemunya calon pembeli dan calon penjual barang dan jasa atau pun bahan pangan.

Pada dasar nya jenis jenis pasar di bagi menjadi 5 (lima) golongan yaitu Berdasarkan Wujudnya ,Waktu Terjadinya, Luas Jangkauannya, Hubungannya Dengan Proses Produksi, dan Strukturnya (Jumlah Penjual Dan Pembeli)

Dimana pengertian dari beberapa golongan diatas ialah :

Berdasarkan Wujudnya : Menurut wujudnya jenis jenis pasar dibedakan lagi menjadi beberapa golongan yaitu :
# Pasar Konkret : Merupakan jenis pasar yang di tujukan suatu tempat terjadinya hubungan secar langsung (tatap muka) antara penjual dan juga para pembeli.

# Pasar Abstrak : Merupakan pasar yang menunjukkan hubungan antara penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung

Berdasarkan Waktu Terjadinya :

Menurut waktu terjadinya pasar dibedakan menjadi pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan, pasar tahunan, dan pasar temporer.

Berdasarkan Luas Jangkauan :

Menurut luas jangkauannya pasar dibedakan menjadi pasar lokal, pasar nasional, dan pasar internasional
Berdasarkan Hubungan nya denagn proses produksi : Menurut hubungannya dengan proses produksi pasar dibedakan menjadi pasar output dan pasar inpu

Berdasarkan Strukturnya : Berdasarkan strukturnya, pasar dibedakan menjadi sebagai berikut dimana : Pasar persaingan sempurna, dan Pasar persaingan tidak sempurna
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk atau pola kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak). Dimana :

 

Pasar Nyata.

Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli.
Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja.
Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung.
Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi.


Sumber: https://appbrain.co.id/