Brio tidak jarang kali menjadi produk terlaris dalam line-up Honda. Banyak sekali dalil mengapa dipilih tidak sedikit konsumen. Yang pasti, Honda Brio punya tidak sedikit keunggulan sampai amat disukai. Setidaknya kami mengejar 10 bagian, inilah daftarnya:

Desain Atraktif
Sedari awal, Brio dirancang supaya punya daya pikat. Tak mudah, sebab menargetkan konsumen muda yang banyak sekali punya selera tinggi. Tapi Honda tak pernah tidak berhasil dalam mendesain suatu mobil. DNA-nya jelas, sporty. Ciri yang pun menonjol dalam tiap goresan sketsa Brio yang terwujud dalam dimensi mungil, sesuai untuk segala jender dan kalangan.

Buritan menarik di generasi mula memang hilang berganti desain baru. Tujuan utamanya ialah menambah akomodasi dan kepraktisan kabin supaya makin memenuhi keperluan utama mobil kota. Namun tak menghilangkan lenggok sporty khas Honda. Wajah baru menunjukkan sisi agresif, dengan profil sosok hatchback tulen.

Mudah Dimodifikasi
Desain telah keren, namun Honda masih menyisakan kanvas kosong guna berkreasi. Celah dimodifikasi begitu besar, supaya tampilan Brio cocok aliran yang diinginkan. Tak butuh ekstrem, ubahan simpel saja telah buat Brio kian nikmat dipandang. Brio Satya yang tampil lebih polos lebih gampang didandani. Mengganti pelek saja lumayan mendongkrak tampilan keseluruhan. Brio RS yang telah berpenampilan sporty pun masih dapat diberi sentuhan personal. Apapun alirannya, sesuai semua guna Brio.

Kabin Nyaman
Untuk sekelas city car, kabin Honda Brio terbukti akomodatif. Konfigurasi 5-seater sangat lumayan mengakomodasi keperluan sehari-hari. Terutama digunakan sendiri maupun family kecil. Bentuk mungil, bukan berarti serbasempit di dalam. Baris kesatu dan kedua termasuk lega. Dimensi bodi meningkat lebar dengan ukuran 3.800 x 1.680 mm x 1.485 mm dan jarak sumbu roda 2.405 mm. Begitu pun kadar noise, harshness dan vibration (NVH) telah membaik. Jok pun lebih tebal dan lunak sehingga kian nyaman untuk seluruh penumpang.

Kepraktisan Tinggi
Brio tersebut kecil namun praktis, paling ideal sebagai sarana transportasi mobilitas tinggi. Apalagi peningkatan wheelbase dan bodi dari generasi kesatu, tentu meningkatkan luas kabin. Misal saat membawa penumpang di belakang, ruang kaki dan kepala makin luas dan tidak menciptakan sempit. Duduknya pun nyaman berkat ekstra headrest terpisah. Bagasi juga tambah lapang. Menaruh tidak sedikit barang sekarang bukan masalah. Butuh lebih lega lagi, bermukim melipat sandaran kursi baris kedua. Tempat penyimpanan tersebar di segala sisi, cupholder terdapat banyak. Menempatkan benda kecil dapat di mana saja tanpa berserakan.

Posisi Mengemudi
Bagian ini tak dipunyai pesaing sekelasnya. Rasa fun to drive mulai terasa ketika duduk di balik kemudi. Diposisikan rendah laksana dalam sedan, kaki menjulur lurus dan letak setir tegak. Sandaran kursi nyaris menyentuh seluruh area punggung, sampai-sampai terasa mantap kala bermanuver. Pengemudi jangkung sekalipun akan terasa nyaman.

Handling Menyenangkan
Pengendalian Brio begitu mengasyikkan. Tetap stabil kala melesat kencang 100 km/jam. Lincah meliuk-liuk dengan respon setir sigap. Suspensi mengandalkan McPherson Strut di depan dan H-shape Torsion Beam di belakang. Posisi caster angle ditata ulang supaya mengurangi fenomena body roll berlebih. Konfigurasi tersebut digabung dengan transmisi CVT halus maupun manual 5-percepatan. Cocok bikin kaum urban yang senang mengemudi sendiri.

Paling Bertenaga di Kelasnya
Mesin cam tunggal maupun ganda kepunyaan Honda terkenal tidak jarang kali menghasilkan tenaga besar. Mesin L12B punya Brio juga begitu. Didaulat sebagai city car 1,2 liter sangat bertenaga, dengan ekstraksi 90 PS dan torsi 110 Nm. Akselerasi terbangun spontan tanpa kelemahan tenaga kala berjibaku di padatnya kota. Masih menyanggupi pun ketika disuruh pelesiran akhir pekan.

Irit Bensin
Syarat utama mobil kota tersebut harus hemat bahan bakar. Kubikasi mesin kecil Brio paling memungkinkan itu. Pas guna kantong pelajar maupun mahasiswa. Transmisi CVT dengan teknologi Earth Dream begitu membantu efisiensi. Diklaim hanya menghasilkan rasio 20,3 km/liter menurut cara pengujian Honda. Hambatan udara yang minim turut berpengaruh. Makanya aerodinamika Brio paling diperhatikan. Ada penambahan 0,2% dibanding model lama. Perbaikan desain bodi dapat membuat udara di dekat mengalir lancar.

Fitur
Peranti terpasang cukup banyak. Bagi keselamatan, dilengkapi sistem rem ABS+EBD dan dual airbag di depan. Makin menyeluruh dengan seatbelt reminder serta ISOFIX guna anak-anak. Sarana hiburan Brio Satya terpasang audio 2DIN, USB Port, AM/FM radio, compatible iPhone dan iPod, CD Player, AUX-IN, Bluetooth dan Handsfree. Sementara Brio RS menyajikan monitor layar sentuh 6,1 inci yang bisa tersambung dengan kamera parkir belakang. Semuanya mencukupi keperluan harian.

Pilihan Varian
Dua segmen langsung disasar Honda Brio. Kelas Low Cost Green Car (LCGC) ialah lahan yang dikuasai Brio Satya kini ini. Harga ditawarkan mulai Rp 146 juta hingga Rp 170,1 juta. Strata lebih tinggi city car hatchback 1.2L dihuni Brio RS berspesifikasi lebih lengkap. Harganya Rp 184,3 juta (MT) dan Rp 199,6 juta (CVT). Dua opsi trim terdapat untuk mencapai pasar lebih luas dan menyesuaikan keperluan konsumen. Tentunya dengan keunggulan serupa. Sumber : https://gumroad.com/l/seva-mobil-bekas