Kirim Musik ke Luar Tata Surya, Ilmuwan Yakin Alien Merespons di 2043

Kirim Musik ke Luar Tata Surya, Ilmuwan Yakin Alien Merespons di 2043
Kirim Musik ke Luar Tata Surya, Ilmuwan Yakin Alien Merespons di 2043

WASHINGTON – Apakah Anda percaya dengan kehidupan di luar angkasa?

Kalau percaya, Anda bisa bergabung dengan kelompok ilmuwan yang mencoba membuktikan adanya kehidupan selain di Bumi dengan mengirimkan transmisi suara musik ke planet asing.

Transmisi yang baru dikirim pada Oktober 2017 itu diyakini akan sampai ke planet tujuan pada tahun 2030 mendatang. Para ilmuwan ini berupaya mengirimkan transmisi radio yang kuat agar sampai ke planet di luar tata surya Matahari yang diyakini berpotensi dihuni makhluk hidup.

Letaknya tidak tanggung-tanggung yakni 12,4 tahun cahaya dari bumi.

Sedangkan transmisi yang dikirim berupa potongan-potongan klip musik pendek dari beberapa musisi dunia.

Baca Juga:

Perkembangan Cepat AI dan IoT Paksa Perusahaan Bertransformasi
Alat Sterilisasi Alkohol Bisa Hancurkan Lapisan Luar Virus

Terkait usaha berkomunikasi dengan alien (makhluk luar angkasa), pada Oktober kemarin selama tiga hari berturut-turut penyelenggara festival musik elektronik sonar Spanyol mengarahkan antena radio European Incoherent Scatter Scientific Association (EISCAT) 105 kaki ke langit. Kemudian mereka mengirimkan semburan sinyal radio ke GJ 273, bintang kerdil merah (kadang disebut Luyten’s Star).

Gugusan bintang ini menampung dua planet, salah satunya bernama GJ 273b

, yang mungkin mendukung kehidupan. Dengan bantuan para astronom dari METI (Messages to Extraterrestrial Intelligence) dan Institute of Space Studies of Cataloniar (IEEC), tim sonar menyanyikan klip musik yang dikodekan secara digital dari artis-artis seperti Autechre, Holly Herndon, Jean-Michel Jarre, Modeselektor, Matmos, Kode9, dan Halo Laurel.

 

sumber :

https://apkmod.co.id/