Manfaat Dan Khasiat Daun PepayaManfaat Dan Khasiat Daun Pepaya

Daun pepaya merupakan salah satu daun daunan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Masyarakat luas mengenalnya selain sebagai pengobatan herbal daun pepaya digunakan untuk keperluan memasak yaitu sebagai pelunak daging.

Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya

1. Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat Jerawat.

Daun pepaya mempunyai khasiat sebagai solusi bagi mereka yang mempuyai jerawat yang membandel. Terutama wanita yang selalu ingin tampil cantik, dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker.

Cara membuat maskernya: ambil 2-3 lembar daun pepaya/30gr yang sudah tua. Kemudian jemur sebentar sehingga daun tampak layu. Setelah itu daun yang sudah layu ditumbuk sampai halus. Hasil tumbukan diberi sedikit air (setengah sendok) dan oleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat sampai beberapa saat (sekiranya masker meresap pada jerawat) setelah itu bilas dengan air bersih.

2. Manfaat Daun Pepaya Sebagai Pencegah Kanker (Antikanker)
Daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan saat kita mengkonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.

3. Manfaat Daun Pepaya Sebagai Penambah Nafsu Makan
Daun pepaya dapat berkhasiat sebagai penambah nafsu makan untuk orang dewasa maupun anak anak. Bagi anda yang susah makan, silahkan ambil daun pepaya yang masih segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan, tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir/200cc, Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya, tambahkan madu 2 sendok aduklah dan minum dalam keadaan hangat.

4. Manfaat Daun Pepaya Menstabilkan Tekanan Darah
Daun pepaya juga dapat berkhasiat sebagai pengontrol tekanan darah yang bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi. Caranya; Siapkan 5 lembar daun pepaya kemudian rebus dengan air sebanyak 1/2 liter hingga tinggal 3/4 nya. Dinginkan kemudian airnya siap diminum. Saat minum bisa dicampur dengan madu sebagai pelengkap dan pemanis.

5. Manfaat Daun Pepaya Untuk Membantu Melancarkan ASI
Ambil 3 lembar daun muda, remaslah daunnya, lalu letakkan diatas api hingga layu. Dalam keadaan hangat segera tempelkan pada sekeliling payudara. Bagian putingnya jangan.

6. Manfaat Daun Pepaya Melancarkan Pencernaan
Daun pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.

7. Manfaat Daunnya Mengobati Demam Berdarah
Siapa sangka kalau pepaya juga dapat digunakan untuk menyembuhkan gejala demam berdarah. Coba ambil 5 lembar daun muda. Tambahkan setengah liter air, lalu rebus sampai tinggal tiga perempatnya saja/satu gelas. Tambahkan sedikit garam dan madu 2 sendok. minum selagi masih hangat. Buatlah 1 hari 3x (pagi, sore dan menjelang tidur) hingga gejala demam berdarah sembuh.

8. Manfaat Daun Pepaya Untuk Mengobati Nyeri Haid
Pada zaman dulu wanita jika menjelang haid sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Ambil 1 lembar daun muda, tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air/250 cc dan Rebus. Ambil airnya dan tambahkan madu 2 sendok, aduklah. Minum setelah dingin.

9. Manfaat Daun Pepaya Untuk Mengobati Malaria
Menurut beberapa pendapat daun pepaya ternyata juga berkhasiat untuk mengobati penyakit malaria.

Recent Posts