Manfaat Membaca

Anggapan bahwa membacamerupakan kebutuhan, bukan beban dapat pembaca rasakan jika pembaca menyadari bahwa membaca memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai berikut:

1). Meningkatkan Kadar Intelektualitas.

Kita pasti akan merasa bangga jika memiliki intelektualitas yang tinggi. Lebih dari sekedar untuk dibanggakan, pembaca juga harus menyadari bahwa ada banyak hal yang berguna yang dapat pembaca sumbangkan. Kadar intelektual dapat ditingkatkan melalui membaca, misalnya dengan membaca karya ilmiah populer. Karya ilmiah populer merupakan karangan yang berisi ilmu pengetahuan dan disajikan dengan menggunakan bahasa yang populer. Bahasa yang populer merupakan bahasa yang sudah dikenal oleh masyarakat awam atau masyarakat umum. Dengan demikian karangan ilmiah populer akan lebih mudah dipahami.

Namun jika masih merasa kesulitan untuk memahami kosakata yang digunakan dalam beberapa karya ilmiah, embaca dapat menggunakan kamus untuk memahami beberapa kata yang sulit. Hal ini berarti sekaligus akan meningkatkan penguasaan kosakata yang dimiliki.

2). Memperoleh Berbagai Pengetahuan Umum dan Informasi

Dengan membaca ada banyak hal yang dapat kita ketahui, ada dunia ilmu pengetahuan yang luas dibalik kata-kata yang dirangkai dalam beragam tulisan. Dengan membaca tulisan yang disusun oleh orang-orang yang berilmu pengetahuan, maka akan dapat menimba ilmu dan informasi penulisnya. Ilmu dan informasi tersebut akan memperkaya hidup kita.

3). Mengetahui Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Beberapa hal yang berkaitan dengan penemuan baru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sering kali disampaikan melalui tulisan. Jika tidak mau membaca, berarti kita telah mengisolasi diri sendiri dari berbagai informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Sebaliknya, dengan membaca kita akan menyadari bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang.

4). Mendapatkan Banyak Pengalaman Hidup

Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Kita dapat membaca berbagai pengalaman hidup seseorang yang ditulis dalam bentuk biografi. Dengan membaca biografi, kita dapat belajar dari pengalaman hidup orang lain. jika kita dapat belajar dari pengalaman hidup orang lain, bukan hal yang mustahil kita akan menjadi pribadi yang mampu menyikapi hidup dengan baik.

5). Memiliki Cara Pandang dan Pola Pikir Yang Luas

Membaca akan membuat kita memiliki banyak pengetahuan . Pengetahuan tersebut akan menjadi bekal kita dalam memandang dan berfikir tentang berbagai hal. Semakin luas pengetahuan kita, semakin banyak pula hal-hal yang dapat kita pertimbangkan sebelum memutuskan sebuah permasalahan. Pengetahuan yang luas juga akan membuat kita tidak akan terkungkung dalam cara pandang dan pola pikir sempit yang dapat merugikan diri sendiri.

6).Memperkaya Perbendaharaan Kata

Membaca berbagai pengetahuan akan membuat kita memiliki perbendaharaan kata yang banyak. Dalam sebuah bacaan biasanya dapat kita temukan kosakata yang belum kita ketahui maknanya, untuk mengetahui maknanya kita dapat melihat pada kamus. Dengan demikian kita akan dapat meningkatkan penguasaan kosakata.  Perbendaharaan kata ini selanjutnya dapat kita manfaatkan untuk menyimak dan memahami berbagai informasi yang mungkin menggunakan kata-kata tersebut. Jadi pengetahuan kita pun akan bertambah. Selain itu perbendaharaan kata yang banyak dapat membantu kita pada saat menyampaikan sesuatu melalui tulisan. Dalam kehidupan sehari-hari perbendaharaan kata yang banyak juga bermanfaat dalam kegiatan berkomunikasi.

7). Mengetahui Berbagai Peristiwa Yang Terjadi di Berbagai Belahan Dunia

Banyak hal yang terjadi di berbagai belahan dunia diabadikan dalam bentuk tulisan. Dengan banyak membaca kita akan mengetahui berbagai hal yang terjadi di berbagai belahan dunia. Berbagai peristiwa yang aktual juga dapat kita ketahui dengan membaca berita dalam berbagai surat kabar.

8). Meningkatkan Keimanan

Membaca buku-buku rohani dapat meningkatkan keimanan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kita akan semakin dekat dengan Tuhan, dengan demikian kita juga akan merasa lebih tenang dalam hidup

9). Mendapatkan Hiburan

Pernahkan pembaca membaca cerita lucu? pernahkan tertawasaat membaca? Hal-hal lucu dalam bacaan sering kali dapat membuat kita tertawa. Kita akan merasa terhibur, dengan demikian, melalui membaca kita dapat memperoleh hiburan yang mudah, bahkan sering kali-hal-hal yang bermanfaatpun disampaikan dengan bahasa yang menghibur. Jadi, pembaca dapat memperoleh pengetahuan sekaligus hiburan.

Membaca berbagai karya sastra juga dapat membuat kita merasa terhibur, isi cerita yang mengalir sering kali membuat pembaca merasa terhibur. Selain itu karya sastra biasanya juga berisi pengalaman hidup tokoh-tokohnya. Pembaca juga dapat mengambil pelajaran dari tokoh-tokoh dalam karya sastra tersebut.


Sumber: https://dosenpendidikan.id/