Membanggakan, IPB Masuk Top 100 Kampus Terbaik Dunia

Membanggakan, IPB Masuk Top 100 Kampus Terbaik Dunia
Membanggakan, IPB Masuk Top 100 Kampus Terbaik Dunia

Dalam QS World University Ranking by Subject tahun 2019, IPB University

masuk jajaran kampus top 100 dunia untuk kategori pertanian dan kehutanan. Kampus inovasi ini konsisten empat tahun berturut-turut di posisi tersebut.

Rektor IPB, Arif Satria mengatakan posisi ini sangat membanggakan. Ini sesuai mandat utama IPB dalam penyelenggaraan tridarma pendidikan tinggi bidang ilmu pertanian, yang telah dicapai sejak 2016, dan terus berlanjut pada 2017, 2018, dan 2019.

IPB, kata Arif akan terus berupaya menjalin kolaborasi internasional yang intensif dengan berbagai universitas terbaik dunia. “Salah satunya yakni dengan Wageningen University & Research yang menduduki peringkat pertama pada pemeringkatan kali ini,” ujarnya.

Sebagai informasi QS World University Ranking adalah sistem perangkingan

universitas dunia yang menjadi rujukan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

QS World University Ranking by Subject mengeluarkan daftar kampus terbaik sejagat berdasarkan kategori disiplin ilmu/jurusan. Untuk melakukan perangkingan, lembaga riset pendidikan asal Inggis ini mengevaluasi 4.500 perguruan tinggi di dunia pada 48 bidang keilmuan

Arif menjelaskan dalam waktu dekat IPB dan Wageningen akan melaksanakan kerja

sama riset interdisipliner baru jangka panjang bertema “Smart Indonesian Agriculture: development, logistics and evaluation for animal protein production (Smart-In-Ag)” yang didanai melalui skema kompetitif Interdisciplinary Research and Education Fund (INREF).

“Strategi sinergi sesama universitas terbaik ini dilakukan IPB agar riset yang dihasilkan tidak hanya untuk meningkatkan reputasi akademik melalui publikasi, tetapi juga untuk memperkuat proses peningkatan nilai tambah bagi industri dan pelaku UKM di Indonesia dalam menghadapi era industri 4.0,” imbuhnya.(ril/*)

 

Baca Juga :