Mengapa Anak Malas Belajar?

Pernahkah Ayah bunda merasa kecewa saat melihat nilai anak yang turun? Bahkan tanpa sadar tidak tidak banyak orang tua yang memandang anaknya malas sebab tidak inginkan belajar, kemudian apakah benar urusan ini ialah kesalahan anak? Kemalasan pada anak secara psikologis ialah wujud dari lemahnya situasi mental, fisik, psikis, dan intelektual anak.

Setiap anak yang malas belajar mempunyai alasan, apa saja alasannya?

Tidak terdapat motivasi
Motivasi ini bisa jadi belum tumbuh sebab anak belum mengetahui guna belajar dan belum ada kemauan yang hendak dicapai. Tidak adanya motivasi pun disebabkan tidak sedikit hal, rasa percaya diri yang rendah, tidak cukup perhatian dari orangtua atau orang sekitar, dan tidak terdapat yang menyemangati, sampai-sampai anak tidak memiliki kemauan yang kuat guna belajar.

Orang tua terlampau menuntut
Banyak orang tua yang menuntut anak belajar melulu demi angka atau nilai, bukan atas dasar kesadaran dan tanggung jawab anak selaku pelajar. Akibat dari tuntutan itu tidak tidak banyak anak yang stress sampai-sampai nilai yang diperolehnya tidak cukup memuaskan.

Guru tidak siap mendidik
Guru adalahteladan untuk murid-muridnya. Namun, tidak sedikit anak yang mengeluh dengan sikap guru dalam mendidik, guru tidak siap mengajar, tidak menguasai bidang pelajaran, terlalu tidak sedikit memberikan tugas, dan tidak dapat menciptakan keadaan belajar yang mengasyikkan sehingga menciptakan anak cepat bosan, dampaknya anak menjadi malas belajar.

Hal ini adalahbeberapa dalil yang menciptakan anak malas belajar. Apabila anak malas belajar maka anda harus dapat mengoreksi diri anda sendiri terlebih dahulu, apakah cara yang dilaksanakan sudah benar atau belum. Pada dasarnya masing-masing anak senang belajar, ketika anak malas belajar berarti ada kekeliruan dalam mendidik anak.

Sumber : www.studybahasainggris.com