Mengenal Chromecast, Salah Satu Gawai Berpengaruh Dekade Ini

 

Mengenal Chromecast, Salah Satu Gawai Berpengaruh Dekade Ini
Mengenal Chromecast, Salah Satu Gawai Berpengaruh Dekade Ini

Tanpa kabel, tak perlu ribet, televisi LCD/LED/Plasma yang tak ‘pintar’ pun bisa mentransmisikan acara TV, film, game, dan lain-lain menggunakan Chromecast. Karena keunikan Chromecast, TIME dan The Verge pun mengganjarnya sebagai salah satu gawai berpengaruh pada dekade ini.

TIME menyebut Chromecast sebagai penambal celah bagi televisi non-smart TV untuk meneruskan streaming

konten dari gawai lain, smartphone, misalnya. Chromecast disebut sebagai alternatif penggunaan smart TV yang memiliki harga fantastis.

Dalam rilis TIME yang dipublikasikan pada 14 Desember 2019, Chromecast (2013) disandingkan bersama gawai berpengaruh lainnya, yakni Apple iPad (2010), Tesla Model S (2012), Raspberry Pi (2012), DJI Phantom (2013), Amazon Echo (2014), Apple Watch (2015), Apple AirPods (2016), Nintendo Switch (2017), dan Xbox Adaptive Controller (2018).

“Chromecast menjembatani kesenjangan bagi orang-orang yang menginginkan ‘masa depan’ tanpa berinvestasi di TV pintar yang mahal, atau menghabiskan lebih dari seratus dolar untuk beberapa kotak streaming yang mahal dan mencolok,” tulis TIME.

Sementara The Verge, menempatkan Chromecast di peringkat ke-39 dalam daftar 100 gawai terbaik pada dekade ini. Dalam rilisnya yang dipublikasikan pada 10 Desember 2019, The Verge menyebut Chromecast sebagai pisau pemangkas kerumitan saat menghubungkan gawai ke televisi.

“Sekali waktu, Anda memerlukan pengaturan yang kompleks dan mahal untuk mentransmisikan video dari

komputer atau ponsel ke TV Anda. Ketika Chromecast datang pada 2013, semua itu berubah,” tulis The Verge.

Secara sederhana, Chromecast merupakan gawai yang dapat mentransmisikan konten ke televisi memanfaatkan port HDMI dan jaringan nirkabel. Gawai ini berwujud bulat pipih tersemat seutas kabel pendek. Chromecast dapat berfungsi dengan iPhone, iPad, ponsel dan tablet Android, laptop Mac dan Windows, serta Chromebook.

Dengan Chromecast, perangkat adalah remote-nya. Mudah mengontrol televisi dari mana saja di rumah. Pengguna tetap bisa menggunakan perangkat tanpa mengganggu media yang sedang diputar atau takut kehabisan baterai.

Chromecast juga mendukung banyak aplikasi, seperti Netflix, YouTube, termasuk iFlix. Artinya, konten-konten dari aplikasi itu, misalnya film di Netflix, bisa ditransmisikan ke televisi untuk ditonton ramai-ramai.

Cara asyik lainnya menggunakan Chromecast yaitu dengan mentransmisikan game. Tak puas main game di layar ponsel yang kecil? ‘Teruskan’ ke televisi via Chromecast. Cek laman ini untuk melihat daftar lengkap aplikasi yang didukung oleh Chromecast.

Selain video, Chromecast juga bisa mengubah televisi menjadi bingkai foto. Televisi bisa menampilkan album dari Google Foto, menampilkan cuaca, waktu, dan lainnya dengan Mode Standby.

Melansir Google Store, Chromecast di Indonesia bisa didapatkan dari dua retailer resmi, yaitu Lazada dan Gig.id.

Akan tetapi, gawai ini juga bisa dibeli di e-commerce populer, seperti Bukalapak atau Tokopedia

Berikut spesifikasi teknis Chromecast:

Dimensi Panjang: 51,81 mm
Lebar: 13,49 mm
Tinggi: 51,81 mm
Kabel daya: 1,75 m
Berat 39,1 gram
Warna: Hitam
Resolusi: 1080p
Nirkabel: Wi-Fi 802.11ac (2,4 GHz/5 GHz)
Daya: 5 V, 1 A
Port: HDMI, microUSB
OS yang didukung: Android 4.2 dan yang lebih baru, iOS 9.1 dan yang lebih baru, macOS X dan lebih tinggi, Windows 7 dan lebih tinggi
Persyaratan perangkat: TV dengan port HDMI, jaringan Wi-Fi, perangkat berkemampuan Wi-Fi

Saat diperkenalkan di Amerika pada 2013, Chromecast dibanderol Google seharga 35 dolar AS. Chromecast hingga hari ini disebut The Verge sebagai gawai termurah dan bermanfaat untuk menikmati video di layar yang lebih besar.

Baca Juga: