Table of Contents

Menjadi Manusia

Menjadi Manusia
Menjadi Manusia

Keutuhan dalam pendidikan menjadi titik sentral dari program pendidikan, pengetahuan dan keahlian tanpa hati, ya akan jadi mesin belaka. Dan manusia yang seperti mesin, akan mudah digantikan oleh mesin sungguhan di masa depan. Dan sebaliknya hati saja tanpa keahlian, maka akan menjadi ‘pertapa’ yang hanya bermimpi.

Aspek holistik bagi manusia yaitu Spiritual, Fisik, Intelektual, dan Sosio-Emosional. Pendidikan Holistik akan ‘memanusiakan manusia’ dalam arti bahwa manusia akan dibentuk menjadi manusia utuh yang terpenuhi dalam seluruh aspek kehidupannya.

Tujuan akhir pendidikan dan sekolah-sekolah formal adalah untuk melihat orang menjadi utuh, baik dalam kompetensi maupun dalam hati nurani mereka; karena menciptakan kekuatan kompetensi tanpa menciptakan arah yang benar untuk mengarahkan pemanfaatan kekuatan itu merupakan pendidikan yang buruk. Lagi pula, kompetensi pada akhirnya akan berpisah dari hati nurani.

Dititik inilah kita perlu kembali berpikir ulang, melakukan ‘revolusi pendidikan’. Bahwa tujuan akhir dari sekolah dan semua pendidikan itu adalah untuk menjadikan kita pribadi yang utuh sebagai manusia. Manusia yang berilmu pengetahuan, berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Sumber : https://downloadapk.co.id/