Mobil Literasi Untuk Minat Baca

Mobil Literasi Untuk Minat Baca
Mobil Literasi Untuk Minat Baca

Untuk meningkatkan minat baca dikalangan pelajar Pemprov Jabar bersama yayasan Fitrah Insani

menhibahkan satu unit mobil literasi untuk meningkatkan minat baca di masyarakat khususnya anak-anak.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, semua pihak harus berperan dalam mengembangkan minat baca ini. Sebab, dalam perkembangannya minat baca dikalangan anak-anak di Indonesia masih rendah.

“Nah dengan adanya mobil iterasi ini diharapkan nanti dapat menjangkau sampai pelosok desa,

”jelas Deddy ketika ditemui dalam peresmian diluncurkkannya mobil literasi tersebut belum lama ini

Dia berharap, dengan tumbuhnya minat baca dikalangan masyarakat, wawasan akan ilmu pengatuhan terbuka lebar. Sehingga dengan membacapun jendela dunia akan terbuka.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Fithrah Insani Bandung Didik Agus menyatakan, mobil literasi tersebut bermula dari ide pembinaan masyarakat oleh yayasan.

Menurutnya, Yayasan Fithrah Insani Bandung yang memiliki empat sekolah di Bandung Barat,

kata dia, ingin lebih berperan dalam masyarakat.

“Masih banyak masyarakat atau anak-anak yang tidak tersentuh oleh budaya baca, apalagi di pelosok. Kami ingin meningkatkan minat baca dan pengetahuan masyarakat. Kalau dibuat perpustakaan di seluruh titik, energinya mungkin terlalu besar. Makanya, kami buat yang mobile seperti ini, mudah-mudahan bisa menjangkau 165 desa di Bandung Barat,” katanya.

Selain menyediakan berbagai buku, dia menjelaskan, pada mobil literasi itu juga akan disertakan pendongeng dan televisi untuk memutar film-film edukatif. Setelah memiliki dua mobil literasi, dia berencana untuk menambahnya kembali dalam beberapa waktu mendatang.

Untuk saat ini dari sekolah saja hampir 200 buku, kemudian dari orangtua siswa juga banyak yang mau menyumbang, jadi nanti akan lebih banyak jumlahnya.

“Kami sebetulnya ada dua mobil yang disiapkan, tapi ke depan kami harapkan bisa bertambah. Soalnya, kami juga sudah ajukan proposal kepada sejumlah pihak,” tutup Didik

 

Baca Juga :