PEMIMPIN PERUSAHAAN : CEO ATAU PRESIDEN ?

CEO, singkatan berasal dari “Chief Executive Officer” (Indonesia:Pejabat Eksekutif Tertinggi), adalah jabatan tertinggi di suatu perusahaan dan membawa tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung jawab untuk kestabilan perusahaan tersebut. Namun, titel CEO kerap membawa banyak tafsiran dalam penggunaannya, kerap diasosiasikan sebagai President atau Direktur Utama dalam suatu perusahaan. Dan, dalam banyak organisasi CEO jadi dideskripsikan lebih perlu daripada President Director perusahaan. Sebab, ia membawa tugas yang lebih luas daripada President Director dan kerap terhitung dikombinasikan dengan Chairman of The Board. Disamping itu, terdapat pula CEO yang punya peran ganda. Artinya, tidak cuman sebagai Chief of The Board (formal), ia terhitung sebagai Chief of Operational Officer. Secara umum, chief executive officer (CEO) adalah diakui sebagai perwira tertinggi di perusahaan waktu presiden yang diperintah.

Namun, dalam tata kelola perusahaan dan struktur, banyak permutasian dapat terjadi, supaya peran kedua CEO dan Presiden bisa saja berbeda di bermacam perusahaan. Untuk alasan ini, adalah perlu untuk punya pemahaman lazim berasal dari lingkungan perusahaan dan bagaimana posisi yang berbeda kelanjutannya masuk ke dalamnya.

Pertama-tama, direksi dipilih oleh pemegang saham sebuah perusahaan dan kebanyakan terdiri berasal dari kedua direktur dalam (pejabat senior perusahaan) dan direksi luar (individu-individu mandiri berasal dari perusahaan). Dewan mengambil keputusan kebijakan manajemen perusahaan dan menentukan perihal isu-isu “gambaran besar” perusahaan. Karena papan bertanggung jawab atas manfaat eksekutif, dan sebagai CEO bertanggung jawab untuk mengintegrasikan kebijakan perusahaan dalam operasi sehari-hari, CEO kerap (tetapi tidak selalu) mengisi peran ketua dewan.

Sebagai contoh, dalam sebuah perusahaan dengan bermacam usaha (a konglomerat ), bisa saja tersedia satu CEO yang mengawasi beberapa presiden, masing-masing menjalankan usaha yang berbeda berasal dari konglomerat dan melaporkan ke CEO satu. Dalam sebuah anak perusahaan tidak lazim untuk punya satu orang lakukan peran kedua CEO dan presiden.

Presiden kerap memegang posisi chief operating officer (COO). COO bertanggung jawab untuk operasi sehari-hari dan punya wakil presiden untuk anggota yang berbeda berasal dari perusahaan pelapor kepadanya. Umumnya, direksi mengambil keputusan kebijakan; presiden mengeksekusi kebijakan dan laporan lagi ke papan tulis, dan akhirnya, dewan melaporkan lagi kepada para pemegang saham yang merupakan pemilik utama.

Sebuah perusahaan tanpa anak perusahaan bisa saja punya satu orang lakukan peran CEO dan Presiden (dan bisa saja lebih-lebih ketua). Dengan demikian, komunikasi yang lebih besar dan kontak dapat dicapai antara dewan direksi, yang mengambil keputusan kebijakan, dan presiden, yang mengawasi operasi sehari-hari perusahaan.

CEO tidak selalu ketua dewan, dan presiden tidak selalu COO. Tujuan utama dalam tata kelola perusahaan adalah untuk secara efisien mengelola pertalian antara pemilik dan para pengambil keputusan dan meningkatkan nilai pemegang saham.

Dewan Direksi
Dewan Gubernur atau Direksi Dipilih oleh para pemegang saham, dewan direksi terdiri berasal dari dua tipe wakil. Tipe pertama melibatkan individu dipilih berasal dari dalam perusahaan. Ini dapat menjadi manager CEO, CFO, atau orang lain yang bekerja untuk perusahaan tiap-tiap hari. Jenis lain berasal dari perwakilan dipilih secara eksternal dan diakui mandiri berasal dari perusahaan. Peran dewan ini adalah untuk memantau para manajer korporasi, melakukan tindakan sebagai advokat bagi pemegang saham. Pada intinya, dewan direksi mencoba untuk memastikan bahwa kepentingan para pemegang saham terhitung dilayani.

Artikel Lainnya : contoh motivation letter

Anggota Dewan dapat dibagi menjadi tiga kategori:
Chairman (Ketua) adalahpemimpin teknis perusahaan, dialah ketua dewan yang bertanggung jawab untuk menjalankan jalannya perusahaan supaya lancar dan efektif. Tugasnya kebanyakan meliputi pemeliharaan komunikasi yang kuat dengan chief executive officer dan eksekutif tingkat tinggi, merumuskan kiat usaha perusahaan, yang mewakili manajemen dan dewan kepada penduduk lazim dan pemegang saham, dan melindungi integritas perusahaan. Serang Chairman (ketua) dipilih berasal dari dewan direksi.
Inside Directors (Direktur Dalam) adalah direksi yang bertanggung jawab untuk menyetujui anggaran tingkat tinggi yang disiapkan oleh manajemen atas, pelaksanaan dan pemantauan kiat bisnis, dan menyetujui inisiatif perusahaan inti dan proyek. Inside directors adalah manajer tertinggi baik pada pemegang saham dalam sebuah perusahaan. Individu-individu ini terhitung disebut sebagai direktur eksekutif terkecuali mereka anggota berasal dari tim manajemen perusahaan.
Outside Directors – (Direktur Luar), Meskipun punya tanggung jawab yang sama dengan direksi di dalam menentukan arahan strategis dan kebijakan perusahaan, direksi luar berbeda dengan Direktur Dalam,mereka tidak segera anggota berasal dari tim manajemen. Tujuan punya direktur luar untuk memberikan perspektif yang tidak bias dan memihak pada isu-isu yang dibawa ke pembahasan.
Adakah Pengaruh Bagi Investasi Anda?

Pelaksana manajemen dengan dewan gubernur punya obyek akhir memaksimalkan pendapatan untuk pemegang saham. Secara teori, manajemen keluar setelah operasi sehari-hari, dan dewan memastikan bahwa para pemegang saham memadai terwakili. Ketika Anda perhatikan sebuah perusahaan, selalu timbul gagasan yang baik untuk melihat apakah tersedia keseimbangan yang baik antara anggota dewan internal dan eksternal. Tanda-tanda perusahaan yang baik adalah terdapatnya pembelahan peran CEO, ketua dan staf pakar profesional seperti akuntan, pengacara dan eksekutif. Sebenarnya hal ini tidak biasa untuk perhatikan posisi berasal dari CEO waktu ini (yang ketua), CFO dan COO, dengan dengan CEO pensiunan, anggota keluarga, dll. Hal ini bukan tanda untuk tahu suatu perusahaan investasi yang buruk. Tetapi sebagai pemegang saham, Anda perlu mempertanyakan apakah seperti struktur perusahaan berada dalam kepentingan terbaik.

Baca Juga :