Pengaruh Makanan Sehat Bagi KesehatanPengaruh Makanan Sehat Bagi Kesehatan

Makanan sebagai sumber energy dan zat pembangun tubuh merupakan elemen penting dalam tubuh manusia. Makanan akan memberikan dampak yang cukup besar terhadap ketahanan dan kondisi tubuh serta pertumbuhan tulang dan gigi. Makanan akan diproses didalam tubuh , dan diserap sari-sari makanannya untuk kemudian dibakar dan diedarkan keseluruh bagian tubuh sesuai dengan fungsinya. Makanan akan mempengaruhi perkembangan sel , jaringan serta organ pada tubuh manusia. Apabila tubuh kemasukan bahan makanan yang mengandung toksin maka tubuh akan bereaksi serta memicu kerusakan pada bagian tubuh tertentu.

Tanpa makanan tubuh tidak akan bekerja dengan baik. Badan tidak akan berkembang serta tumbuh dan bekerja dengan baik. Makanan mengandung beberapa asupan bahan yang diperlukan oleh tubuh. Tapi terkadang kesadaran akan pentingnya makanan yang sehat dihiraukan oleh masyarakat. Masyarakat tidak menyadari bahwa makanan-makanan instan, serta makanan yang mengandung pemanis dan pengawet buatan. yang banyak beredar di masyarakat telah menyebabkan tingkat kesehatan menurun serta memicu penyakit berbahaya dalam jangka panjang. Apalagi muncul makanan berformalin, boraks , ayam tiren, daging gelonggongan merupakan bukti bahwa ekonomi menyebabkan masyarakat apatis terhadap kesehatannya.Oleh karena itu pemenuhan gizi seimbang sangat penting dalam upaya menjaga kesehatan.    (http://innikehardiyani.blogspot.co.id/2015/03/makalah-makanan-sehat-dan-tidak-sehat.html)

2.2         Fungsi Makanan Bagi Tubuh

Fungsi makanan bukan hanya sekedar untuk menhilangkan rasa lapar, tetapi lebih utama adalah untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat-zat pembangun bagi sel-sel tubuh, mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta untuk menjamin kelancaran segala macam proses yang terjadi di dalam tubuh. Untuk itu, makanan yang dikonsumsi setiap hari hendaknya mengandung unsur-unsur pengasil tenaga, pembangun sel-sel, dan mengatur segala macam proses dalam tubuh. (Sumber : http://innikehardiyani.blogspot.co.id/2015/03/makalah-makanan-sehat-dan-tidak-sehat.html)

2.3.       Tips Memilih Makanan Sehat

Menuju hidup sehat dapat di tempuh dengan banyak cara. Salah satunya lewat pola makan kita. Menurut para ahli , kunci jadi sehat adalah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Singkatnya , kita bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang tak hanya mengandung banyak kalori tapi kaya nutrisi. Berikut ini beberapa tips yang dapat di ikuti untuk mendapatkan makanan sehat dan mengatur pola makan yang baik.

  1. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi
  2. Konsumsi padi-padian penuh , buah dan sayuran
  3. Atur berat badan seimbang
  4. Makan dalam ukuran yang layak
  5. Makan secara teratur

Sumber :

https://ppidkabbekasi.id/ada-samsung-galaxy-note-fe-di-indocomtech-2017/