Apa itu promosi? Yang dimaksud dengan promosi adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh individu atau perusahaan atau komunitas dan komunitas yang lebih luas, yang tujuannya adalah untuk membawa barang (barang / jasa / merek / perusahaan) ke masyarakat dan pada saat yang sama memengaruhi masyarakat luas untuk beli dan gunakan produk,

Promosi adalah kegiatan pemasaran yang biasanya melibatkan pembaca dalam memberikan informasi produk dan mendorong konsumen untuk membeli produk. Ada banyak cara dan sarana promosi, metode promosi dan bahkan berkembang setiap saat.

Orang awam sering mendengar dan membaca promosi, baik itu promosi dalam bentuk media cetak, baliho, baliho, radio, televisi dan internet. Mereka yang tertarik dengan iklan atau promosi umumnya akan membaca informasi lebih lanjut.

Baca juga: Definisi iklan

Arti promosi menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa arti promosi, kita dapat melihat pendapat beberapa pakar. Berikut adalah definisi promosi menurut para ahli yang kami kutip dari ruangguru.co:

1. Harper Boyd
Seperti yang dikatakan Boyd, definisi promosi adalah upaya meyakinkan orang untuk menerima produk, konsep, dan ide.

2. Swastha
Menurut Swasthe, gagasan promosi adalah kepercayaan satu arah yang dibuat dengan maksud memengaruhi orang lain yang berjuang untuk bertindak yang menciptakan pangsa pasar.

3. Boone & Kurtz
Menurut Boone dan Kurtz, batasan promosi adalah proses memberi informasi, membujuk, dan memengaruhi keputusan pembelian.

4. Themon
Menurut Tjiptono, pentingnya promosi adalah bentuk komunikasi komunikasi yang berupaya menyebarluaskan informasi, memengaruhi / membujuk dan mengesankan sasaran pasar bagi perusahaan dan produk yang bersedia menerima, membeli, dan setia pada produk yang ditawarkan perusahaan.

5. Kotler
Menurut Kotler, konsep promosi adalah karya strategi pemasaran sebagai cara berkomunikasi dengan pasar melalui komposisi “bauran promosi”.

6. Genggam
Menurut Gitosudarmo, konsep promosi adalah kegiatan yang harus menarik bagi konsumen yang akrab dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan dan kemudian menjadi bahagia dan membeli produk.

Baca juga: Memahami Bauran Pemasaran

Tujuan promosi

Semua yang mempromosikan harus mencapai tujuan mereka. Dalam hal pembatasan promosi di atas, ada beberapa tujuan promosi umum:

  1. Menunjukkan informasi produk (barang / jasa) kepada publik atau calon pelanggan
  2. Untuk menjangkau pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas.
  3. Untuk meningkatkan nilai penjualan sekaligus meningkatkan laba.
  4. Untuk mengumpulkan kekuatan Anda dan membedakan suatu produk dan produk dari pesaing.
  5. Merek atau membuat gambar produk di mata konsumen sejalan dengan niat perusahaan.
  6. Pengaruhnya terhadap konsumen dan perilaku konsumen terhadap produk.
  7. Tujuan utama promosi ini adalah untuk meningkatkan penjualan dan laba operasional.

Baca juga: