Resep Sawut Singkong Gula Merah

Ingin membuat kue kukus tradisional dari olahan singkong (ubi kayu/ketela pohon) yang enak dengan cara mudah, satu diantaranya adalah resep sawut singkong kukus gula merah yang terbuat dari adonan parutan singkong variasi manis legit gula merah, kemudian dikukus lalu disajikan dengan taburan kelapa parut yang gurih.

Kue sawut singkong (semrawut) atau singkong pasrah (parut kasar, bhs Jawa) juga merupakan salah satu dari aneka jajan pasar yang termasuk favorit dari daerah Jawa Tengah dan Yogya, biasanya bersanding dengan olahan bahan dasar serba singkong lainnya seperti getuk, gatot maupun tiwul.

Selain sawut singkong gula merah, ada varian sawut singkong keju serta bisa dibuat berlapis dengan dua rasa, bahkan bisa berwarna-warni seperti pelangi. Bentuk sawut juga bisa divariasikan sesuai selera dengan cetakan bulat atau kotak maupun aneka bentuk lainnya.

Resep Bahan Sawut Singkong

Proses pembuatan kue sawut singkong ini sangat mudah dan sederhana, namun rasanyanya sangat enak. Singkong diparut, gula merah disisir, dan agar lebih menarik disajikan dengan beralaskan potongan daun pisang yang dibentuk bulat.

Bahan-bahan kue sawut :
500 gram singkong
150 gram gula merah, sisir
1 sachet vanili
1/2 sdt garam
50 gram gula pasir
50 gram kelapa parut dikukus untuk toppingnya
Daun pisang secukupnya, hanya untuk alas kue sawut dengan cara digunting berbentuk bulat

Resep Cara Membuat Sawut Singkong
Setelah mempersiapkan bahan-bahan di atas, maka berikut ini adalah tahapan cara membuatnya yang dilengkapi petunjuk gambar di bawah ini

Kupas singkong dari kulitnya, cuci hingga bersih dan tiriskan, kemudian parut singkong bisa menggunakan parutan keju.

Siapkan wadah, lalu tuang parutan singkong, gula merah, gula pasir, vanili dan garam, lalu aduk rata semua bahan tersebut.
Kue Sawut Singkong Kukus
3. Setelah adonan rata, siapkan potongan-potongan bulat daun pisang untuk alas. Tuang adonan secukupnya pada masing-masing alas daun pisang, sementara itu panaskan kukusan. Setelah panas masukkan adonan kue sawut lalu kukus selama 20 menit.

Setelah matang, kue sawut singkong sudah siap disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya

Sumber: https://manjakani.co.id/