Ridwan Kamil Sebut Ponpes di Parung Gratiskan 15 Ribu Santrinya

Ridwan Kamil Sebut Ponpes di Parung Gratiskan 15 Ribu Santrinya
Ridwan Kamil Sebut Ponpes di Parung Gratiskan 15 Ribu Santrinya

Dalam sebuah gelaran acara di Jakarta, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

mengungkapkan sejumlah program ekonomi keumatan di Jawa Barat selama satu tahun ia menjabat. Dikatakannya, ada sebuah pesantren di Parung Jawa Barat yang bisa menggratiskan 15 ribu santrinya lewat pabrik roti dan sabun yang dikelola pesantren tersebut.
Berita Terkait
Xiaomi Siap Kembangkan Smart Pesantren
PGRI Respon Positif Kebijakan Menag Hapus Materi Khilafah di Buku Agama Islam
Pemerintah China Menawarkan Beasiswa untuk Santri Indonesia

Lebih lanjut dia menyampaikan, pesantren tersebut akan menjadi model pembangunan ekonomi berbasis keumatan dalam lima tahun kedepan.

“Di Parung ada yang menggratiskan 15.000 santrinya karena punya pabrik roti

dan pabrik sabun. Itu akan menjadi model kami dalam lima tahun ke depan membangun ekonomi berbasis keumatan,” ujar gubernur yang akrab disapa Emil tersebut di Jakarta (19/11/2019).

Dia juga menyebutkan telah membuat program program satu desa satu perusahaan di mana CEO-nya merupakan anak-anak milenial yang ahli di bidang digital.

“Kita bungkus seleksinya itu dalam program patriot desa,” tutur Emil.

Menurutnya, Jawa Barat memiliki program dakwah digital yaitu mendigitalisasi konten-konten untuk media sosial termasuk kitab-kitab dakwah para ulama. Bukan hanya itu,Emil mengungkapkan Jawa Barat memiliki program kredit mesra.

“Yaitu kalau butuh duit cukup ke masjid. Syaratnya cukup jadi ahli ibadah saja.

Jadi dapat rekomendasi dari Ketua DKM. Kalau pinjam Rp1 juta ngaji dulu satu juz. Kalau pinjam Rp5 juta ngaji lima juz. Kalau usaha maju pinjam Rp30 juta khatam dulu satu Al Quran. Itu juga kami lakukan,” ungkap Emil.

Luar biasanya, dirinya mengklaim bahwa 26 ribu warga Jawa Barat kini sudah bebas dari rentenir.

“Karena mimpi kami Jawa Barat ini progresif dan Islami,” pungkas Emil.

 

Sumber :

https://connect.barton.edu/ICS/Academics/BUS/CIS_PLA/Special_Courses-CIS_PLA-CIS_1/Blog_1.jnz?portlet=Blog_1&screen=View+Post&screenType=next&Id=66dee9a0-de10-48a4-b22c-5480945b5945