Rumah Pelajar Beri Pemahaman Calon Mahasiswa

Rumah Pelajar Beri Pemahaman Calon Mahasiswa
Rumah Pelajar Beri Pemahaman Calon Mahasiswa

Rumah Pelajar dibawah naungan Yayasan Rumah Kreatif Pelajar Indonesia berbasis komunitas kreatif

memberi pemahaman calon mahasiswa memilih jurusan dan universitas sesuai minat bakat.

Direktur Rumah Kreatif Pelajar Indonesia, Rizky Sopiyandi menjelaskan awalnya yayasan rumah kreatif ini membuat pengembangan terkait minat dan bakat para siswa sehingga komunitas ini bergerak di ranah sosial kemasyarakatan.

“Kami ingin ambil isu-isu terkait pelajar dan lingkupannya ingin memberikan informasi bahwa Rumah Pelajar ini memiliki situs yang di dalamnya merangkum situs-situs di Indonesia mengenai pendidikan, agar mereka bisa dapat akses informasi dengan cepat,” katanya di MAN Cililin, Kamis (17/1).

Rizky juga menekankan bahwa Rumah Pelajar ingin memperkenalkan dua poin, yakni pertama struktur

mengenai prinsip dan mental sebagai pelajar yang hendak masuk ke jenjang lebih tinggi. Kedua, Rizky ingin Rumah Pelajar ini bisa dijadikan sebagai home yang sifatnya tempat berlindung, tempat pulang, juga bisa berikan kenyamanan.

Rumah Pelajar ini, lanjut dia selama Januari hingga April akan dilakukan sosialisasi. Pada periode Januari ini, Rumah Pelajar telah lakukan sosialisasi ke sekolah menengah atas di wilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat. Sedangkan periode Februari, Rizky menyebut akan dilakukan di Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Garut, Banjar, Pangandaran, dan Ciamis.

“Untuk Mei hingga Juni itu kami lakukan riset dan Juli hingga Desember kami gelar workshop.

Tahun pertama ini Jabar kami jadikan pilot project,” ujarnya.

Kemudian untuk regional 3, di Kabupaten Sumedang, Majalengka, Kabupaten/Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Indramayu. Regional 4 di Kabupaten Subang, Karawang, Purwakarta, Kabupaten/Kota Bekasi dan Kota Depok. Terakhir regional 5 di Kabupaten/Kota Sukabumi, Cianjur, dan Kabupaten/Kota Bogor.

Dari sejumlah sekolah yang telah dikunjungi oleh Rumah Pelajar, kata Rizky, banyak pelajar yang masih meraba-raba terkait bagaimana saat masuk dunia perkuliahan dan justru banyak dari mereka lebih memikirkan terkait dana dan fasilitas. Padahal, yang mesti disiapkan ialah mental mereka untuk menjadi mahasiswa nanti.

“Banyak sekolah yang belum memberikan penyuluhan soal kesiapan pelajarnya sebagai mahasiswa melainkan sekolah hanya berikan penjelasan soal fasilitas dan kampus yang lebih murah,” katanya.

 

Sumber :

http://www.disdikbud.lampungprov.go.id/perencanaan/pengertian-ihsan.html