Table of Contents

Siapkan partisi

Siapkan partisi
Siapkan partisi

Karena tutorial yang ada di bawah dibuat untuk dual boot Windows 7 – Linux Mint (9, 10 atau 11) metode pertama (full installation), maka sebelum menginstal kita harus menyediakan partisi/drive khusus untuk tempat linux. Sesuai dengan syarat minimum di atas, kita akan mengambil 10 GB dari free space di hard disk. Bila Anda ingin menginstal banyak program nantinya, jumlah free space untuk Linux bisa ditambah menjadi 10 GB, 13, 14, 15, 16, 17 GB dst.

Sebelum menginstal, pastikan bahwa:

Anda lebih baik memiliki back up atau salinan data-data di komputer/laptop Anda [saya sendiri tidak pernah mem back up karena belum pernah mengalami “kecelakaan” yang mengakibatkan kehilangan semua isi hard disk].
Anda sudah menyiapkan partisi khusus untuk Linux Mint
Komputer Anda tersambung ke internet.
Anda sudah memiliki fail ISO Linux Mint baik yang sudah dibakar (burn) di DVD/CD atau Flashdisk.
Anda bisa mengikuti setiap langkah tutorial berikut dengan cermat (salah klik bisa berakibat fatal)

Cara Instalasi

1. Masukkan CD/DVD ke DVD-Rom – masukkan Flashdisk.

2. Pilih CD/DVD-Rom atau Flashdisk sebagai first boot, atau primary atau media booting utama atau apalah namanya. Untuk komputer, masuk ke BIOS (tekan “Delete”, “Space”, “Backspace” atau apalah–tergantung merek komputer). Untuk laptop, biasanya F12 atau F2.

3. Biarkan komputer booting, mungkin akan memakan waktu 3-10 menit, tergantung kualitas komputer. Bila sudah berhasil booting tampilan layar akan berbentuk seperti ini:

Linux Mint 9 full screen
gambar 1
5. Bila ada pop up window “Restricted drivers available” abaikan saja dulu. Percuma menginstalnya sekarang.

Restricted drivers available
gambar 2

6. Salah satu kelebihan Linux dibanding Windows adalah Linux bisa dijalankan cukup dari CD/DVD instalasi. Fitur ini dikenal dengan live CD, jadi Anda bisa melakukan test drive sebelum benar-benar menginstal Linux Mint. Karena itu juga, Anda bisa menginstal sambil mengoperasikan Linux dalam waktu yang bersamaan. Jadi, Anda tetap bisa membaca tutorial ini dan berselancar di internet saat menginstal nanti.

Live CD aka test drive Linux Mint 9
gambar 3

7. Buka (open; double klick) ikon Install Linux Mint yang ada di desktop, akan muncul jendela baru yakni jendela instalasi. Langkah pertama, Anda memilih bahasa utama Linux Mint Anda. Saya lebih memilih bahasa Inggris. Pilihan bahasa Indonesia juga tersedia. Klik “Forward”.

Sumber : https://apartemenjogja.id/