Seperti kita ketahui, beberapa kantor di Jabodetabek dan beberapa daerah lain di Indonesia melakukan pekerjaan di bumi untuk karyawannya. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus Corone (COVID-19), yang telah masuk dan mulai menyebar ke Indonesia.

Untuk beberapa profesi, seperti freelancer, bisnis online, jurnalis, pengecer, pengembang perangkat lunak, pekerja informasi, bekerja dari bawah ke atas bukanlah hal baru. Bagi beberapa profesional lain, bekerja di dunia politik (WHM) adalah hal lain.

Mengingat situasi saat ini, tampaknya banyak karyawan tidak tahu apa yang mereka butuhkan untuk dapat bekerja secara efektif dari bawah ke atas. Atau lebih buruk lagi, beberapa orang hanya bisa bekerja dan berlibur.

Cara bekerja dari rumah selama coronavirus

Jika Anda termasuk orang yang menyewa bumi sejak awal, sebaiknya Anda mengikuti beberapa tip untuk bekerja dari tanah selama pandemi koroner ini:

1. Buat ruang kerja khusus
Ruang kerja spesifik tidak harus besar, tetapi setidaknya bisa berfungsi sebagai ruang kerja. Jangan berada di kamar, di ruang keluarga, atau di sudut lain tempat Anda bisa bekerja.

Juga, pastikan meja dan kursi Anda tetap di tempat agar mereka bekerja lebih baik.

Koneksi internet 2. Koneksi internet
Pastikan koneksi internet Anda di bumi dapat mendukung pekerjaan yang Anda lakukan. Koneksi internet ini diperlukan untuk mengirim atau menerima data dari orang lain yang terkait dan dipekerjakan.

Orang-orang yang dulu bekerja dari tanah biasanya memiliki akses ke layanan internet dari beberapa penyedia seperti Indihome, Firstmedia dan lain-lain. Namun, Anda juga dapat menggunakan koneksi dari ponsel tertentu yang digunakan sebagai modem.

3. Atur perangkat lunak jarak jauh
Jika pekerjaan Anda memerlukan komputer jarak jauh, Anda perlu menginstal paket perangkat lunak khusus di komputer atau laptop Anda. Aplikasi jarak jauh antara komputer yang dapat Anda gunakan adalah:

Remote Desktop Chrome; Ini adalah aplikasi Google gratis yang dapat digunakan untuk mengakses komputer dari komputer lain atau dari Android ke komputer yang menjalankan Windows, MacOS dan Linux. Unduh Chrome Remote Technology
Pasukan Weaver; Perangkat lunak ini juga berfungsi untuk mengakses komputer lain dari komputer. Unduh Tim Weaver

4. Atur jam kerja
Jika Anda ingin tetap produktif saat bekerja dari bawah ke atas, Anda perlu menentukan jam kerja dengan jelas. Jam kerja ini dapat disesuaikan dengan keadaan setiap orang atau berdasarkan jam pada umumnya.

Tentu saja, setelah menetapkan jam kerja Anda, Anda juga harus mengikuti aturan yang saat ini Anda aktifkan. Cobalah untuk menjaga agar gangguan tetap minimum selama jam kerja ini.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan teknik Pomodoro untuk lebih meningkatkan jam kerja.

5. Hancurkan rutinitas
Meskipun kita bekerja dari tanah, itu tidak berarti kita tidak punya waktu untuk diri kita sendiri. Ketika Anda merasa bosan, Anda perlu istirahat.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa minum teh dari kopi atau kopi untuk menyegarkan dan mengembalikan semangat. Juga, pastikan Anda bekerja berdasarkan bagian, tidak kurang atau kurang.

Baca juga: